Mencicipi Mendoan Kriuk, Camilan yang Bikin Kamu Lupa Berhenti

Mencicipi Mendoan Kriuk, Camilan yang Bikin Kamu Lupa Berhenti
Mendoan kriuk digoreng hingga benar-benar kering. (Inibaru.id/ Inadha Rahma Nidya)

Jika biasanya mendoan hanya digoreng sampai setengah matang, di Baturraden ada inovasi yang berbeda. Di sana beberapa tempat makan menyediakan mendoan kriuk. Penasaran seperti apa rasanya?

Inibaru.id - Mendoan adalah makanan khas Banyumas yang terbuat dari tempe tipis dan digoreng dengan tepung. Nama mendoan diambil dari kata mendo yang berarti setengah matang. Cara menggoreng mendoan pada umumnya memang hanya sampai setengah matang. Tetapi kini, banyak warung dan tempat makan yang menjual menu mendoan kriuk.

Sambal kecap jadi pelengkap mendoan. (Inibaru.id/ Inadha Rahma Nidya)

Bahan mendoan kriuk sama dengan bahan mendoan biasa kok. Buat adonan dari tepung beras, tepung terigu, daun bawang, dan bumbu halus masukkan tempe yang sudah diiris. Lumuri tempe dengan adonan kemudian masukkan ke dalam minyak goreng panas. Jangan lupa dibolak-balik ya biar nggak gosong.

Oya, kamu perlu menggoreng mendoan ini agak lama biar benar-benar garing. Angkat mendoan yang sudah matang dan tiriskan. Mendoan kriuk siap disantap! Eits, jangan buru-buru. Biar makin endeus, jangan lupa cocol mendoan ke dalam sambal kecap. Ketika dimakan, akan terasa renyah, gurih, manis, dan pedas di mulut.

Gimana, sudah mulai ngiler belum? Ha ha

Mendoan cocok dijadikan teman minum teh atau kopi. (Inibaru.id/ Inadha Rahma Nidya)

Di parkiran lokawisata Baturraden, berjajar warung yang menyediakan mendoan kriuk. Nggak perlu bingung pilih yang mana karena semuanya enak. Rasa gurih mendoan bakal bikin kamu makan lagi dan lagi. Jangan takut kehabisan karena warung-warung tersebut buka dari pagi hingga malam. Harga perpotongnya Rp2000. Memang agak mahal dari mendoan biasa, tapi ukurannya lebih besar. Jadi lebih puas.

Hm, pasti asyik ya menikmati mendoan hangat di tengah udara dingin Baturraden apalagi ditemani orang tersayang. Syahdu, Millens! (Inadha Rahma Nidya/E05)