Mencicipi Kuliner Lokal di Tower Cafe

Mencicipi Kuliner Lokal di Tower Cafe
Aneka kuliner di Tower Cafe Semarang. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Pergi ke kafe dan mencicipi kuliner yang Indonesia banget? Hm, pasti mantap! Kali ini, Inibaru.id akan mengulas kuliner di Tower Cafe.

Inibaru.id – Kebanyakan kafe nggak menggunakan makanan berat sebagai menu utama mereka. Sebagian kafe bahkan hanya menyajikan menu ringan macam kudapan atau camilan. Namun, ini berbeda dengan Tower Cafe Semarang. Di kafe yang buka 24 jam itu, kamu justru dengan mudah menjumpai makan berat.

Selain menu-menu kekinian macam western food, Tower Cafe juga tetap mempertahankan menu lokal dan tradisional yang Indonesia banget. Hm, coba intip beberapa di antaranya, yuk!

Burung Dara Goreng Sambal Bawang

Burung dara disajikan bersama nasi bakar. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Makan burung dara satu ekor, why not? Burung dara ini dimasak dengan kecap dan gula merah, lalu digoreng. Bumbunya benar-benar meresap kuat hingga ke daging bagian dalam. Dimakan dengan sambal bawang, hmm, rasa manis dan pedasnya menyatu dengan sempurna.

Menu ini disajikan bersama nasi bakar. Etapi, berbeda dengan nasi bakar pada umumnya yang ada isiannya, nasi di sana hanyalah nasi putih tanpa bumbu.

Satu porsi burung dara bisa kamu nikmati dengan harga Rp 25.500.

Nasi Timbel

Menu nasi timbel terdiri dari nasi bakar, sayur, dan aneka lauk. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Nasi Timbel (sebagian menyebutnya nasi timbal) merupakan nasi putih yang dibungkus daun pisang, dibakar, kemudian disajikan bersama sayur asam, tempe goreng, tahu goreng, ikan asin, dan ayam bakar. Karena diletakkan dalam daun pisang dan dibakar, aroma daun pisang memberikan sensasi sedap.

Hm, seperti tengah berada di pedesaan saja! Makan menu ini paling enak di area outdoor Tower Cafe yang asri en ditumbuhi banyak tanaman. Rasanya tenang dan jauh dari hiruk-pikuk kota yang semrawut. Ha-ha.

Nasi Timbel di Tower Cafe paling pas dimakan saat jam makan siang. Segarnya sayur asam yang sedikit pedas dijamin akan menggugah selera makanmu. Dengan sayuran khasnya yang lengkap, yakni terung, kol, kacang panjang, dan jagung manis, sayur asam ini adalah "jiwa" dari menu ini.

Eits, tapi jangan lupakan ayam bakarnya. Dipadu dengan nasi dan sayur asam, menu seharga Rp 19 ribu itu cukuplah sebagai menu makan siang yang memuaskan. Sayang, tempe dan tahunya kurang asin. Namun, itu semua menjadi paduan yang pas, kok!

Teh Rempah

Teh rempah ini bisa menghangatkan tubuh. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Pengin minuman hangat, tapi kurang terlalu suka rasa pedas jahe yang strong banget di mulut? Cobain teh rempah ala Tower Cafe. Teh ini dicampur dengan cengkih, pala, jahe, daun jeruk, serai. Rasanya segar khas jahe, tapi lebih netral karena telah dicampur dengan berbagai rempah. Hm, cocok banget diminum saat cuaca hujan.

Kopi Rempah

Kopi ini bakal cocok buat kamu yang suka cita rasa asli kopi. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Kopi ini dibuat dari kopi hitam yang dipadukan dengan pala, cengkih, daun jeruk, dan jahe. Ketika meminum kopi ini, rasa pahit kopi yang khas bakal langsung menyambutmu. Tapi, ada sensasi unik yang ditawarkan oleh perpaduan berbagai rempah di dalamnya. Kamu bisa merasakan sedikit sensasi pedas jahe ketika meneguk minuman tersebut.

Yap, back to local nih ceritanya! Nongkorng di kafe memang nggak harus selalu makan makanan ala luar negeri, kan? Makanan Indonesia juga menarik dicicipi, kok! (Ayu S Irawati/E03)

 

Tower Cafe

Alamat: Jalan Banjarsari Selatan No. 49 B, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga Makanan: Rp 12.000 – Rp 33.000

Harga Minuman: Rp 6.000 – Rp 17.000