Tenggelam dalam Keharuman dan Kelezatan Nasi Bakar Kendil Memanggil di Pullen’s Resto

Tenggelam dalam Keharuman dan Kelezatan Nasi Bakar Kendil Memanggil di Pullen’s Resto
Menu Nasi Bakar Kendil Memanggil di Pullen's Resto. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Nasi bakar di Pullen's Resto disajikan dengan cara yang nggak biasa. Selain diolah dengan bumbu kuning, nasi ini juga juga dibakar di dalam kendil. Ya, Kendil! Namanya , Nasi Bakar Kendil Memanggil. Mau tahu seperti apa rasanya?

Inibaru.id – Sebagian besar orang mencari makanan berkuah panas untuk santapan makan siang. Terlebih lagi bila cuaca sedang hujan, tambah mantap! Eits, meski nggak berkuah, makanan satu ini juga bisa menghangatkan dan menggugah selera makan siang, lo.

Makanan yang saya maksud adalah Nasi Bakar Kendil Memanggil yang tersedia di Pullen’s Resto. Sesuai namanya, masakan ini “memanggil” untuk disantap.

Nggak seperti nasi bakar biasa yang disajikan dalam bungkusan daun pisang, nasi bakar ini justru disajikan dalam kendil. Kendil yakni periuk yang berbuat dari tanah liat. Kendati disajikan dalam kendil, tentu saja daun pisangnya nggak ketinggalan.

Nasi bakar yang ada di dalam kendil masih mengepul saat dibuka tutupnya. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Yap, saat makanan ini mendarat dengan selamat di meja, saya langsung tertarik memotretnya. Tentu saja saya sangat penasaran dengan isinya. Begitu tutup kendil dibuka, uap nasi beraroma harum khas daun pisang menyeruak di hidung.

Nasi yang dibakar di dalam kendil lebih mirip dengan nasi kuning dari segi warna dan rasa. Namun, isian topping-nya berbeda. Dalam Nasi Bakar Kendil Memanggil ini, kamu akan menemukan suwiran daging ayam, daun kemangi, daun jeruk, dan cabai dicampur jadi satu dengan nasi kuning yang pulen. Sudah bisa membayangkan to bagaimana wangi dan lezatnya nasi bakar ini?

Nasi bakar yang ada di dalam kendil disajikan bersama wader krispi. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Nah, nasi bakar itu dilengkapi dengan lauk berupa ikan wader yang digoreng kripsi dan sambal. Kalau lauknya kurang, kamu bisa memesan lauk tambahan. Kalau saya, waktu itu menikmati Nasi Bakar Kendil Memanggil dengan Bebek Goreng Lambe Turah. Wih, mantap banget deh!

Karena disajikan dalam kendil, nasi bakar itu memiliki porsi yang besar. Kalau porsi makanmu seperti saya yakni satu centong, nasi bakar itu cukup untuk makan empat orang. Tapi tetap saja saya sanggup menghabiskannya seorang diri saking lezatnya. He he

Beber Goreng Lambe Turah khas Pullen's Resto. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Nasi bakar itu juga terasa kaya akan rempah seperti yang dituturkan Manajer Pullen’s Resto Ekha Fitriani. Ekha mengatakan, Pullen’s nggak pelit bumbu dan menjaga betul cita rasa masakan Jawa.

“Dulu pernah lo ada yang bikin acara di sini terus pesennya Nasi Bakar Kendil Memanggil. Sekitar 30 orang dan semuanya pesan itu,” beber Ekha.

Ya, memang seenak itu, sih! Penasaran? Langsung cus saja ke Pullen’s Resto. (Ida Fitriyah/E05)

 

Pullen’s Resto

Jln Singosari Raya No 79A, Pleburan, Semarang

Setiap hari 09.00-22.00 WIB

Rentang harga makanan Rp 13 ribu - Rp 35 ribu

Rentang harga minuman Rp 5 ribu - Rp 30 ribu