Pengalaman Perdana Nikmati Ayam Panggang Talisman

Di restoran ini kamu bakal dapat citarasa makanan ala Eropa dengan konsep makanan sehat dan alami. Wah, seperti apa ya?

Pengalaman Perdana Nikmati Ayam Panggang Talisman
Menu di Talisman Rotisserie dan Basilia. (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Inibaru.id – Mencari restoran sehat di Semarang yang menawarkan menu makanan tanpa penyedap bukanlah perkara gampang. Sempat beberapa kali kecewa, akhirnya saya menemukan restoran satu ini. Talisman Rotisserie namanya. Selain tempatnya nyaman, semua sajian di sana juga dijanjikan tanpa penyedap buatan.

Berlokasi di Jalan Teuku Umar No 18, Gajah Mungkur, Semarang, kesan natural begitu tampak dari bangunan Talisman Rotisserie yang mengusung interior bertema rustic. Meja dan bangku kayu yang memenuhi seisi ruangan benar-benar membangkitkan rasa nyaman saya, dan mungkin seluruh pengunjung yang datang.

Indriati Tri Kusumastuti, sang pemilik, menyambut saya ramah. Dia pula yang meyakinkan saya bahwa menu-menu di sana tanpa tambahan penyedap, sehingga punya cita rasa natural.

“Semua makanan kami nggak ada yang rasanya gurih, semuanya punya rasa lembut dengan cita rasa alami garam, lada, gula, dan bumbu-bumbu dapur alami lain," terang Indri, panggilan akrabnya, "Sayur, daging, atau minuman di sini alami. Apa yang terasa di lidah, ya, itulah cita rasa alami makanan."

Menu Whole Chicken Talisman Rotisserie. (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Penasaran dengan penuturan perempuan asal Kudus itu, saya pun memilih satu menu. Pilihan saya jatuh pada ayam panggang Talisman Rotisserie yang memang merupakan sajian andalan. Konon, rasanya enak karena proses memasaknya spesial.

Menurut penuturan Indri, ayam panggangnya dimarinasi dengan bumbu selama enam jam. Bahkan, kadang semalaman! Ini dilakukan agar bumbu benar-benar merasap. Setelah proses marinasi selesai, ayam baru dipanggang, lalu disajikan.

Fish Steak Talisman Rotisserie. (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Talisman Rotisserie merupakan bagian dari Basilia Group, bisnis kuliner yang dipimpin Indri. Selain Talisman, bisnis tersebut juga melingkupi Basilia Cafe & Dine dan Naturalia Artisan Bread. Maka, nggak heran kalau selain sajian andalan Talisman, restoran itu juga menyediakan menu dari Basilia dan Naturalia.

Sore itu, saya memesan Whole Chicken, Fish Steak, Macaroni Salad, Bread Platter, dan minuman Tropical Vitamix yang segar. Tentu saja yang paling menarik adalah Whole Chicken yang dibanderol sekitar Rp 90 ribuan. Bumbunya cukup ringan dan lembut, membuat rasa dagingnya yang empuk en juicy begitu terasa. Ini setali tiga uang dengan Fish Steak-nya yang dihargai Rp 40 ribuan. 

Tropical Vitamix Talisman Rotisserie. (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Kemudian, untuk Macaroni Salad, teksturnya creamy. Potongan sayur, macaroni, dan tambahan isian lainnya terasa pas disajikan dengan cream saus. Menu ini cocok sebagai hidangan penutup, sama halnya dengan Bread Platter yang merupakan menu dari terdiri Naturalia, berupa aneka macam roti ala Eropa.

Untuk pencinta micin atau makanan dengan bumbu yang menyengat, kamu mungkin nggak akan cocok untuk makan di tempat ini. Namun, untuk pengalaman kuliner, bolehlah. Eits, tapi bagi saya, ini menjadi pengalaman menarik. Mungkin saya akan mengulanginya! Ha-ha. Trims, Mbak Indri! (Verawati Meidiana/E03)