Ada Gelato dengan Rasa Unik di El Primo Gelatio

Belum lama dibuka, kedai gelato bernama El Primo Gelatio ini terus dibanjiri pengunjung. Selain gelato, kedai yang beralamat di Jalan Ngesrep Timur 5 No 33 Semarang, Jawa Tengah, tersebut juga menjual sorbet. Apa keistimewaannya?

Ada Gelato dengan Rasa Unik di El Primo Gelatio
Gelato di El Primo Gelatio. (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Inibaru.id – Dinding-dinding berwarna dominan putih dan kuning akan menyambut begitu kamu memasuki kedai ini. Sejumlah gambar dan tulisan juga tertempel rapi di sudut-sudut ruangan. Ada tampilan elegan dan rasa keceriaan di sana. Kursi, meja, dan pelbagai aksesori lain ditata agar terlihat cozy untuk tempat nongkrong bersama. Yap, itulah El Primo Gelatio.

Terletak di Jalan Ngesrep Timur 5 No 33 Semarang, Jawa Tengah, hampir tiap hari kedai gelato dan sorbet itu ramai pembeli. Padahal, kedai yang buka mulai pukul 11.00 hingga 22.00 WIB itu belum lama berdiri. Namun, nggak kurang dari 300-400 porsi gelato hampir selalu habis tiap harinya.

Pemilik El Primo Gelatio Margaretha Puspita mengatakan, gerainya memang selalu ramai pengunjung. Menurutnya, kemungkinan ini karena di sekitar daerah tersebut belum ada kedai gelato lain. Rasa penasaran para pembeli inilah, imbuhnya, yang membawa pengunjung mencicipi hidangan penutup asli Italia yang terkenal rendah lemak tersebut.

“Puji Tuhan, ramai. Kalau penuh sekali bahkan (penjualan) bisa mencapai 500 porsi yang habis,” terang Etha, sapaan akrab Puspita, saat ditemui Inibaru.id belum lama ini di gerainya.

Pramusajimenyiapkangelato(Inibaru.id/VerawatiMeidiana)

Gelato di El Primo Gelatio. (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Yang menarik, kedai El Primo Gelatio selalu menyajikan gelato dengan 24 varian rasa pilihan tiap harinya. Harganya pun cukup beragam. Gelato atau sorbet dalam cup dan cone dihargai mulai Rp 16 ribu hingga Rp 32 ribu, tergantung jumlah varian rasa yang dipilih.

“Kita punya komitmen selalu menyajikan 24 rasa ya. Kalau rasa seperti coklat, vanilla, dan stroberi, setiap hari pasti ada. Nah, rasa yang lain biasanya kita ganti-ganti,” ujar perempuan lulusan Teknik Komputer tersebut.

Baca juga:
Hampir Mirip, Es Krim, Gelato dan Sorbet Ternyata Beda!
Rekomendasi untuk Kamu: Nasi Megono Enak dan Murah di Tiga Warung

Etha mengaku meracik sendiri gelato dan sorbet buatannya. Dia belajar membuat dua "es krim" itu dengan berbekal pengetahuannya soal kue dan es krim yang didapat melalui kursus. Kemudian, untuk membuat gelato, Etha juga sempat berkonsultasi dengan chef asal Italia serta belajar langsung dari chef pembuat gelato.

Hingga saat ini dia terus mengembangkan rasa gelato buatannya dengan terus mencari ide untuk rasa-rasa baru.

“Ide bisa dari mana aja. Misal, saya lagi makan, terus kepikiran, wah ini kayaknya cocok buat jadi rasa gelato. Atau, bisa juga lihat iklan makanan di televisi,” ungkapnya.

Nah, buat kamu yang belum pernah mencicipi gelato di El Primo Gelatio, cobalah varian Taro Oreo yang menjadi andalan di sini! Rasanya unik. Ada juga rasa Yakult, Lemon Tea, Wijen Hitam, yang juga nggak kalah menarik untuk dicoba. Sementara, kalau kamu pengin mencicipi gelato dengan kandungan alkohol, kamu bisa mencoba Rhum Raisin, Beer, dan Irish Ice Cream.

PengunjungdiElPrimoGelatio(Inibaru/VerawatiMeidiana)

Gelato di El Primo Gelatio. (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Penasaran dengan rasa gelato buatan Etha yang banyak diburu pencinta es krim, Tim Inibaru.id pun mencoba beberapa gelato dan sorbet El Primo Gelatio, di antaranya paduan rasa wijen hitam dan salted caramel brownies, lalu red velvet dan taro oreo, serta sorbet rasa lemon tea dan yoghurt blueberry. 

Millens, perpaduan wijen hitam yang dicampur dengan salted caramel brownies ternyata menghasilkan rasa unik loh. Aroma dan rasa wijen yang khas sangat cocok dipadukan dengan rasa asin yang samar dan manis yang pas pada caramel brownisnya.

Macam-macam rasa gelato di El Primo Gelatio (Inibaru.id/Verawati Meidiana

Gelato di El Primo Gelatio. (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Sementara, buat kamu yang suka rasa manis, kami merekomendasikan untuk memilih rasa taro oreo yang dicampur red velvet. Meskipun keduanya sama-sama manis, bukan berarti gelato ini jadi terasa manis berlebih kok. Kamu bakal tetap bisa membedakan rasa taro, oreo, dan red velvetnya karena ketiganya punya komposisi yang pas.

Baca juga:
4 Rekomendasi Kedai Gelato Favorit di Semarang
Gurih Pedas Si Lontong Dekem Pemalang

Yang terakhir adalah es sorbet lemon tea dan yoghurt. Setelah mencoba manisnya gelato, es sorbet yang manis dan asam begitu membuat suasana lebih segar. Yakin deh, kamu nggak bakal mau berhenti menjilati si sorbet ini.

Nah, gimana Millens, sudah mulai nelan ludah? Oh ya, jangan lupa tambahkan toping macaron warna-warni yang disediakan di sana, ya! (Verawati Meidiana/E03)