Jaga Berat Badan Ideal dengan Menu Rendah Karbohidrat

Jaga Berat Badan Ideal dengan Menu Rendah Karbohidrat
Aneka bahan makanan yang bisa dikonsumsi untuk membuat menu rendah karbohidrat. (Hellosehat)

Untuk menjaga berat badan tetap ideal, kamu harus mengurangi karbohidrat dan menambah porsi protein. Selain menjaga angka timbangan tetap stabil, protein juga akan membuatmu tetap kenyang.

Inibaru.id - Kebanyakan mereka yang berdiet atau menginginkan gaya hidup sehat akan menghindari konsumsi karbohidrat secara berlebihan, termasuk nasi. Itu karena jika sudah kebanyakan karbohidrat dan nggak diimbangi dengan aktivitas membakar kalori, maka jadinya gemuk belaka. Jadi, supaya badan tetap sehat dan ideal, sebaiknya mulai mengonsumsi makanan rendah karbohidrat, Millens.

Kombinasi makanan rendah karbohidrat. (Adobestock)

Mengonsumsi makanan rendah karbohidrat maksudnya adalah mengurangi asupan karbohidrat dari biasanya. Jika pada umumnya orang dewasa sehat dianjurkan mengonsumsi karbohidrat sekitar 300-400 gram per hari, beda dengan saat diet, asupan karbohidrat bisa dikurangi setengahnya yaitu sekitar 150-200 gram.

Sebagian besar jumlah karbohidrat yang dikurangi harus diganti dengan mengonsumsi berbagai protein seperti daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan. Apakah perut bakal merasa kenyang? Kenyang, kok. Apalagi jika disempurnakan dengan makan sayur, buah, susu, minyak kelapa, dan mentega.

Nah, jika kamu newbie dalam hal memadupadankan bahan makanan sehat, nggak ada salahnya mencoba menu-menu berikut ini.

Sandwich Isi Keju dan Brokoli

https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2018/04/steamed-broccoli-horiz-b-2000-ae789ea4fec9e1c64cfc4b324c8abd99.jpg

Brokoli merupakan sayuran dengan kandungan gizi yang baik untuk tubuh. (Idntimes)

Perpaduan roti, keju dan brokoli ini merupakan menu rendah karbohidrat yang kaya dengan protein sehat. Jika dihitung, menu ini mengandung 280 kalori, 8 gram karbohidrat, dan 14 gram protein. Eits, dengan catatan rotinya hanya selembar, lo. Kamu bisa mengandalkan ini sebagai sumber energi di pagi hari karena selain nikmat, cara bikin pun mudah dan cepat.

Dua Butir Telur Rebus dan Raspberry

http://www.daftaraon.com/wp-content/uploads/2018/02/raspberries-1880x1254.jpg

Buah ini dapat memperlambat proses pencernaan sehingga kita kenyang lebih lama. (Daftaraon)

Cukup dengan setengah cangkir raspberry sudah bisa mensuplai serat untuk tubuhmu. Ditambah dengan dua butir telur yang kaya protein, so pasti menu makananmu kali ini sungguh bernutrisi. Kalau bisa, telurnya direbus saja ya, Millens! Telur dan raspberry ini mengandung 13 gram protein, 4,5 gram karbohidrat, 200 kalori, dan 2 gram serat.

Empat Ons Yogurt dan 14 Gram Walnut

https://www.verywellhealth.com/thmb/csgVeTsmT46-wgBG_rXV9Yt1UyI=/3387x2258/filters:fill(87E3EF,1)/154929150-56a144935f9b58b7d0bda4a9.jpg

Walnut, kacang dengan kandungan antioksidan tinggi. (Verywellhealth)

Yap, sekali-sekali kamu bisa sarapan dengan menu ini. Jika komposisinya tepat, jangan khawatir bakal mudah lapar karena sangat mengenyangkan. Menu ini mengandung 12 gram protein, 13 gram lemak, 200 kalori dan 7 gram karbohidrat.

Millens, itu tadi contoh menu rendah karbohidrat lengkap dengan hitungan protein, lemak, kalori dan karbohidratnya. Semoga bisa membantumu yang beritikad kepengin hidup sehat. (IB20/E05)