Mengenal Glotak, Olahan Tempe Gembus Khas Tegal yang Kaya Rasa

Balungan yang beradu dengan wajang saat ditumis menimbulkan bunyi "glotak-glotak", begitulah ihwal penamaan masakan berbahan dasar tempe gembus asal Tegal ini. Glotak namanya. Gimana rasanya? Silakan simak ulasan berikut.

Mengenal Glotak, Olahan Tempe Gembus Khas Tegal yang Kaya Rasa
Glotak khas Tegal. (Instagram/Charismarvelous_soenarmo)

Inibaru.id - Tempe gembus, mendengar namanya, referensi kulinermu mungkin langsung tertuju pada sate kere asal Solo yang jadi favorit keluarga Jokowi. Namun, itu nggak berlaku di Tegal. Masyarakat Kota Bahari lebih familiar dengan glotak, olahan tempe gembus yang dipadukan dengan balungan ayam atau sapi.

Menjumpai penjual makanan ini di Tegal nggak begitu sulit. Kamu cuma perlu mengunjungi pasar tradisional, khususnya selama Ramadan, maka akan ada banyak yang menjajakannya.

Hasil gambar untuk glotak tegal

Glotak banyak dijajakan di pasar tradisional di Tegal. (Youtube)

Dikutip dari Infotegal (12/2/2013), nama glotak diambil dari onomatope cara memasak makanan ini yang berbunyi, “glotak-glotak”. Bunyi itu tercipta lantaran glotak dimasak bersama tulang ayam atau sapi. Saat tulang beradu dengan wajan, bunyi tersebut akan terdengar.

Glotak memiliki rasa yang kaya. Makanan berbahan dasar tempe gembus ini bercita rasa gurih dan pedas. Sedikit manis, tapi lebih dominan rasa gurih.

Memasak glotak tidaklah sulit. Kamu tinggal menyiapkan tulang sapi atau ayam, yang dalam bahasa setempat biasa disebut balungan. Tulang-tulang tersebut lalu direbus hingga menghasilkan kaldu. Nah, kaldu itulah yang kemudian dimasak bersama gambus atau dalam bahasa Jawa Timur disebut menjes.

FYI, gembus merupakan bahan makanan yang telah menjadi makanan rakyat jelata di negeri ini sejak zaman Kolonial Belanda. Gembus terbuat dari fermentasi ampas tahu. Rakyat yang kala itu kesulitan pangan mencoba mengolah ampas tahu yang sebelumnya adalah pakan ternak menjadi layak dikonsumsi.

Tempe gembus. (Wikimedia)

Untuk membuat glotak, gembus perlu dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diulek, lalu dimasukkan ke bumbu tumis seperti bawang, serai, dan daun salam yang telah diberi kaldu. Agar pedas, masukkan irisan cabai. Tak lupa, balungan juga diikutsertakan. Terkadang makanan ini juga diberi tambahan ceker ayam. Kalau semua bahan sudah dimasukkan, tunggu hingga masakan mengental dan selanjutnya siap dihidangkan.

Masyarakat setempat biasanya menikmati glotak bersama kerupuk antor, camilan kriuk yang juga merupakan makanan khas Tegal. Rasa kerupuknya gurih sehingga cocok menemani glotak yang juga punya rasa gurih dan pedas.

Kerupuk antor. (Tokopedia)

Glotak memang tampak sederhana, tapi rasanya jangan ditanya: nikmat! Saat berkunjung ke Tegal, sempatkanlah berburu masakan ini supaya nggak menyesal begitu pulang.

Catat, nih, beberapa tempat yang mungkin bisa dijadikan referensi membeli glotak di antaranya Pasar Langon, kompleks Pasar Legi, dan dekat Hotel Karlita. Selamat berburu glotak, Millens! (IB20/E04)