Membeli Oleh-Oleh Menjelang Mudik Boleh Saja, Asal…

Membeli Oleh-Oleh Menjelang Mudik Boleh Saja, Asal…
Berburu oleh-oleh. (Cloudfront)

Saat piknik atau mudik, mencangking oleh-oleh nggak jarang menjadi keharusan sebagian orang. Namun, perlukah melakukannya? Apa saja yang harus menjadi pertimbangan kita untuk membeli oleh-oleh?

Inibaru.id – Mudik dan membawakan oleh-oleh untuk keluarga tercinta seolah menjadi satu kesatuan yang nggak bisa dipisahkan. Kendati terkadang merepotkan karena bawaan jadi lebih banyak, buah tangan tetap nggak boleh kelupaan. Nggak jarang, sebagian pemudik kehilangan barang bawaan mereka karena ini.

Untuk menghindari hal-hal nggak menyenangkan selama mudik, kamu perlu mempertimbangkan beberapa faktor sebelum membeli oleh-oleh. Jangan buru-buru membawa barang incaranmu ke kasir sebelum menyimak tips berikut ini.

Siapkan Dana

Siapkan uang dulu ya! (Eyeem)

THR memang menjadi salah satu sumber danamu untuk mudik. Namun, sebaiknya persiapkan tabungan khusus untuk Lebaran juga ya. Dengan mempersiapkan tabungan khusus Lebaran, uang THR bisa kamu gunakan untuk berjaga-jaga.

Tabungan khusus juga akan lebih memudahkanmu untuk membeli oleh-oleh yang kamu incar. Sebelum belanja, pertimbangkan uangnya ya! Ha-ha.

Pertimbangkan Harga

Menawar adalah salah satu cara agar mendapatkan barang yang kamu inginkan. (Futuready)

Oleh-oleh yang bagus nggak selalu harus mahal, lo. Kalau kamu nggak mudah menyerah, barang berkualitas dengan harga yang nggak bikin kantong jebol bisa kamu dapatkan. Kamu bisa menawar. Atau, sSebelum berbelanja, nggak ada salahnya kamu melakukan riset kecil dulu.

Pertimbangkan Ukuran

Ukuran oleh-oleh yang terlalu besar bakal membuatmu kerepotan di perjalanan mudik. (Milujemeservis)

Ukuran oleh-oleh yang kamu pilih juga sebaiknya perlu dipertimbangkan. Ini supaya kamu nggak kerepotan membawanya selama perjalanan.

Belikan Oleh-Oleh yang Diinginkan

Membelikan oleh-oleh yang tepat bakal membuat keluarga di rumah senang. (iStock)

Nggak jarang, sebagian orang merasa cukup puas hanya dengan membawa makanan. Padahal, kalau kamu pengin menyenangkan hati orang tuamu, nggak ada salahnya bertanya langsung.

Kalau kamu pengin ngasih kejutan, cobalah pancing mereka ngobrol dan sisipkan pertanyaanmu tanpa membuat mereka sadar kamu sedang mencari tahu keinginan mereka.

Sudah tahu barang apa yang pengin kamu beli? Cus berangkat sebelum kehabisan ya! He-he. (IB15/E03)