Memasak Daging Sampai Empuk Tetap Bisa Irit Gas dengan Metode 5-30-7

Merebus daging, singkong, dan kacang hijau harus lama supaya matang dan empuk. Namun, merebus lama pasti akan membuang-buang gas. Dengan metode 5-30-7 ini, kamu bisa mendapatkan daging, singkong, dan kacang hijau yang empuk tanpa menggunakan banyak gas.

Memasak Daging Sampai Empuk Tetap Bisa Irit Gas dengan Metode 5-30-7
Merebus daging. (Masakan praktis rumahan)

Inibaru.id - Sobat Millens gemar memasak dan senang mencoba menu baru nggak nih? Kalau iya, ada kabar gembira karena sekarang ada metode memasak yang lagi ngehit dan patut kamu coba. Cara masak ini konon bisa memangkas penggunaan gas, lo. Metode memasak itu bernama 5-30-7.

Perlu diketahui, bahan makanan seperti daging dan biji-bijian membutuhkan waktu memasak yang cukup lama. Untuk mendapatkan daging yang empuk misalnya, kamu harus merebusnya paling nggak setengah jam lamanya. Hm, lumayan membuat gas berkurang, kan?

Nah, dengan metode memasak 5-30-7 kamu bisa memasak daging empuk tanpa menggunakan banyak gas. Cara memasak ini awalnya dipopulerkan seorang perempuan bernama Fah Umi Yasmin sebelum viral di dunia maya.

Maksud dari metode ini adalah memasak dengan lima menit perebusan (terhitung sejak air mendidih), mendiamkan perebusan selama 30 menit dengan posisi kompor dalam keadaan mati dan panci tertutup rapat, kemudian merebus kembali selama tujuh menit.

Memasak daging lebih hemat dengan metode 5-30-7. (Seriouseats)

Benarkah memasak dengan cara seperti itu bisa membuat daging matang dan empuk? Bisa, kok! Banyak orang sudah membuktikannya, Millens.

Daging itu bisa matang karena saat api kompor dimatikan, proses pematangan masih berlangsung secara alami. Air rebusan yang masih panas itu membantu membuat daging matang dengan sendirinya.

Nggak cuma daging lo yang bisa dimasak menggunakan metode ini. Hampir semua bahan makanan yang membutuhkan waktu lama dalam perebusan bisa kamu jajal dengan cara 5-30-7. Seperti kikil, krecek, babat, ceker ayam, daging ayam, kacang hijau, beras untuk ketupat, kacang, sagu mutiara, ubi, singkong, dan jengkol, bisa dimasak dengan metode 5-30-7.

Wah, perlu dicoba nih! Bayangkan saja, jika biasanya butuh waktu lama untuk merebus bahan makanan supaya lunak, kini kamu cukup membutuhkan total waktu merebus 12 menit saja. Sungguh bisa mengirit gas elpiji dan pastinya memangkas biaya belanja bulanan. Eits, jangan-jangan kamu sudah pernah menjajal metode ini ya, Millens? (IB20/E04)