Tampil Percaya Diri pada Jamuan Makan dengan Memahami Enam Aturan Table Manners Ini!

Tampil Percaya Diri pada Jamuan Makan dengan Memahami Enam Aturan Table Manners Ini!
Ada enam hal yang harus kamu pahami dalam table manners. (atlantisbahamas.com)

Table manners atau etika dan sikap di meja makan merupakan salah satu materi yang diajarkan di beberapa jurusan kuliah. Table manners dianggap penting karena menunjang kemampuan komunikasi serta citra terhadap sopan santun seseorang. Hm, sebenarnya, apa saja aturan dasar dari etika ini?

Inibaru.id – Etika dan sikap makan atau yang dalam bahasa Inggris disebut table manners menjadi salah satu materi yang diajarkan di sekolah kepribadian. Di beberapa universitas di Indonesia, table manners juga masuk dalam materi pembelajaran.

Dalam materi ini, orang diajarkan pelbagai cara makan ala Jepang, Amerika, Tiongkok, atau Inggris. Manfaatnya? Hm, tentu saja agar bisa menarik simpati lawan bicara. Jika simpati sudah didapatkan, membangun relasi jadi lebih mudah, Millens.

Sebelum mempelajari table manners, ada enam aturan yang perlu kamu pahami. Yuk, perhatikan dulu enam aturan berikut ini.

Jenis Makanan

https://www.mypurpleslate.com/blog/wp-content/uploads/2014/09/iStock_000021514433Small.jpg

Setiap jamuan makan memiliki istilah yang ditentukan berdasarkan waktunya, misal cocktail party. (mypurpleslate.com)

Perusahaan biasanya melakukan beberapa jamuan makan. Nah, jenis jamuan ini dibagi berdasarkan waktunya yakni morning coffee, brunch, lunch, high tea, cocktail party, dinner, dan supper.

Morning coffee dilakukan pukul 10.00-12.00, brunch dilakukan pada pukul 11.00-12.00, dan high tea dilakukan pada pukul 16.00-18.00. Sementara itu, untuk cocktail party dilakukan pada pukul 18.00-20.00, dan supper pada pukul 22.00.

Posisi Duduk

https://www.rd.com/wp-content/uploads/2018/08/shutterstock_1082316596-760x506.jpg

Perhatikan posisi dudukmu. (rd.com)

Saat sudah berada di meja makan, jangan memasang posisi duduk bersandar atau membungkuk. Jangan taruh siku di atas meja saat menyantap makanan dan jangan pula terlalu mengembangkan tangan. Ini dilakukan supaya tanganmu nggak menyenggol rekanmu.

Alat Makan

https://www.travelgluttons.com/wp-content/uploads/2016/12/Wordpress-posts-photos-4.jpg

Awali makan dengan menggunakan peralatan paling luar ya. (travelgluttons.com)

Hal lain yang kamu perhatikan saat table manner adalah penggunaan alat makan. Nah, gunakan dulu peralatan makan yang letaknya paling jauh.

Saat menggunakan sendok, garpu, dan pisau, peganglah ujung tangkainya dengan ibu jari dan jari telunjuk, sementara tiga jari lainnya menahan tangkai bawah.

Ingat ya, setelah memotong makanan, selalu telungkupkan garpu atau pisau yang kamu gunakan. Kamu boleh menghadapkan garpu ke atas jika yang disantap adalah sayuran kecil.

Penggunaan Lap Makan

https://listaka.com/wp-content/uploads/2015/07/Use-the-napkin.jpg

Gunakan lap makan untuk menghindari makanan jatuh ke bajumu. (listaka.com)

Lap makan bisa kamu gunakan saat tuan rumah sudah mengenakannya lebih dulu. Benda ini hanya berfungsi untuk membersihkan bibir dan jari tangan ya, bukan digunakan untuk membersihkan peralatan makan juga.

Etika Makan Sup

https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/12/03/dc/04/sweet-potato-soup.jpg

Menyantap sup pun ada caranya. (tripadvisor.com)

Untuk membuka jamuan, tuan rumah akan menyajikan sup supaya makin menggugah selera makan. Nah, saat menyantap makanan ini, gunakan sendok sup dan makanlah dari sisi samping.

O ya, jangan menghirup dan meniupnya ya. Kalau sup disuguhkan dalam cangkir, kamu juga bisa meminumnya, lo. Kalau kamu memilih menggunakan sendok, letakkan benda ini di atas tatakannya jika sudah habis.

Etika Makan Roti

http://www.wagmag.com/wp-content/uploads/2017/07/818.jpg

Makan roti nggak perlu pakai pisau atau garpu ya. (wagmag.com)

Roti yang disajikan bersama sup dimakan dengan cara menyobek kecil. Pisau digunakan untuk mengoleskan butter pada roti. Hindari menyantapnya dalam keadaan utuh ya, Millens.

Gimana, sudah paham? Kalau belum, ikuti saja kelas table manners di sekolah kepribadian. Nanti kamu bakal dapat ilmunya lebih lengkap dan makin percaya diri saat menghadiri jamuan.

Dengan menunjukkan sikap dan etika yang baik, tentu peluangmu untuk menciptakan kesan yang baik pada rekan kerja juga lebih besar. Jadi, yuk belajar table manners. (IB15/E03)