Biryani, Kebuli, dan Mandi di Satu Loyang, Menikmati Ketiganya dengan Satu Harga

Biryani, Kebuli, dan Mandi di Satu Loyang, Menikmati Ketiganya dengan Satu Harga
Menu 3 in 1 di Resto Khoja Semarang. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Cukup memesan satu menu ini di Resto Khoja, kamu bisa menikmati tiga masakan khas Timur Tengah yang cukup populer di Indonesia. Yap, kamu bisa menikmati nasi kebuli, biryani, dan mandi dalam satu harga saja!

Inibaru.id - Masakan khas Timur Tengah telah lama menjadi bagian dari khazanah kuliner negeri ini. Masyarakat Betawi, misalnya, menjadikan nasi kebuli sebagai bagian dari tradisi mereka. Selain kebuli, biryani dan mandi pun cukup populer bagi kita.

Sebagai orang yang tinggal tak jauh dari kampung khoja (atau kojan) di Kudus, rasa kebuli yang kaya rempah juga lumayan familiar di lidah saya. Namun, mencicipi nasi kebuli, biryani, dan mandi dalam satu loyang besar bersama-sama laiknya di negeri asalnya baru kali ini saya alami.

Yap, bertempat di Resto Khoja Semarang, menu 3 in 1 yang menjadi sajian utama di sana betul-betul menggoda selera saya. Beginilah tampilannya!

Penampilan biryani, mandi, dan kebuli dalam satu loyang besar. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Hm, saatnya menyoal rasa! Dari ketiga nasi tersebut, saya paling suka dengan kebuli. Mungkin ini karena nasi tersebut memakai beras lokal yang familiar bagi saya, sementara dua lainnya memakai beras basmati.

Namun, lebih dari itu, rasa rempah nasi kebuli di tempat tersebut sangat terasa. Warna kebuli ini kuning cerah, agak berbeda dengan kebuli di sejumlah tempat lain yang umumnya agak gelap.

Nasi kebuli dilengkapi dengan sambal goreng ati, bebek bacem, dan daging sapi ungkep.

Sensasi pedas sambal goreng ati cocok sebagai lauk nasi kebuli yang sarat akan rempah. Telur bebek bacemnya juga pas, nggak terlalu manis dan kuning telurnya cukup masir. Sementara, daging sapinya juga lumayan empuk.

Setelah nasi kebuli, saya menjadikan nasi biryani di peringkat kedua. Biryani menggunakan beras basmati yang teksturnya lebih pera, berbeda dengan beras lokal yang kita kenal. Menurut saya, beras ini bikin saya lebih cepat kenyang.

(Baca Juga: Trio Nasi Khas Timur Tengah dalam Satu Loyang yang Patut Kamu Coba di Resto Khoja)

Nasi yang dimasak dengan beragam rempah ini memiliki cita rasa yang cukup kaya. Dipadukan dengan emping dan daging kambing yang menyertainya, perpaduan nasi tersebut terasa gurih di mulut. Oya, ada sedikit rasa pedas pada nasi ini karena penyajian biryani juga disertai semacam sambal matah yang segar.

Saya cukup menggarisbawahi daging kambingnya yang dimasak dengan bumbu gulai hijau. Teksturnya lembut. Untuk menikmati daging ini, saya cukup membelahnya pakai sendok tanpa bantuan garpu.

Kubz disajikan dengan dal kare. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Terakhir adalah nasi mandi. Kendati berbumbu dan bertabur almond flakes, nasi ini terasa "tawar". Jadi, bagi saya yang suka rasa gurih, sepertinya kurang nendang kalau nggak dinikmati dengan pelengkapnya, yakni potongan daging domba dan acar nanas.

Daging domba pada nasi mandi ini agak alot, mungkin karena tekstur domba memang begitu, berbeda dengan daging kambing.

Paket 3 in 1 ini dibanderol dengan harga Rp 174.500. Harga paket itu berisikan tiga jenis nasi dalam satu loyang lengkap dengan pelengkapnya, roti cane plus gulai yang sangat terasa daun koropelenya, kubz yang disajikan dengan dal kare, dan sambosa dengan isian daging cincang serta kacang polong.

Semua menu itu lantas ditutup dengan es the khas Khoja yang dicampur dengan pandan dan jus kurma arab. Wah, mantap! (Ida Fitriyah/E03)

 

Resto Khoja

Kategori                : Restoran

Alamat                  : Jalan Pandanaran 1 No 33 Pekunden, Semarang Tengah, Semarang

Jam Buka              : Setiap hari (kecuali Lebaran) pukul 09.00-21.00 WIB

Harga Makanan     : Rp 11.000 s.d. Rp 217.000

Harga Minuman     : Rp 3.500 s.d. Rp 39.500