Melancong ke Kaligua, Menikmati Teh Langsung dari Kebunnya

Melancong ke Kaligua, Menikmati Teh Langsung dari Kebunnya

Selain menikmati hamparan perkebunan teh yang luas dengan pemandangan eksotis, kamu juga dapat melihat proses pengolahan di pabrik teh Kaligua. Setelah itu, kamu bisa ngeteh di tengah suasana yang menyejukkan itu

Inibaru.id - Cuaca dingin paling enak ditangkal dengan minuman hangat, semisal teh. Nah, sensasi ngeteh di tempat dingin ini bisa kamu nikmati di Kaligua, sebuah kebun teh yang berada di sisi selatan Kabupaten Brebes.

Sebelum ngeteh, kamu bisa menyusuri kebun teh sekaligus belajar proses menanam pohon teh, memetik, serta mengolahnya. Terdengar menyenangkan bukan?

Berada di kawasan Agrowisata Kaligua, perkebunan teh peninggalan zaman Belanda tersebut merupakan milik PTP Nusantara IX. Lokasinya berada di Dusun Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Agrowisata Kaligua berlokasi di ketinggian 1.500-2.050 mdpl dengan luas sekitar 605,8 hektare. Wajar jika agrowisata yang berada di kaki Gunung Slamet ini berhawa sejuk pegunungan yang segar dan bebas polusi.

Selain menikmati hamparan perkebunan teh yang luas dengan pemandangan eksotis, kamu juga dapat melihat proses pengolahan di pabrik teh Kaligua. Mulai dari perlakuan terhadap daun teh pascapanen, pemasakan, hingga pengemasan siap kirim, bisa kamu lihat di sana.

Nggak melulu berkaitan dengan teh, agrowisata ini juga punya Goa Jepang yang juga menarik untuk kamu kunjungi. Untuk menyusuri goa buatan sepanjang sekitar 850 meter itu kamu bakal ditemani seorang pemandu yang akan menjelaskan tentang sejarah Goa Jepang.

Setelah puas berjalan-jalan, kamu bisa duduk-duduk sejenak di sekitar kebun, tentu saja sembari menikmati teh Kaligua nan hangat. Hm, nikmat! (IB20/E03)