Melahap Ayam Sambal Taichan dalam Sekotak Bento di Scoops and My Story

Nggak cuma sebagai pelengkap satau taichan, sambalnya yang sederhana tapi nikmat itu ternyata juga enak dipadukan dengan olahan ayam yang lain, lo! Inovasi ini bisa kamu temukan pas jam makan siang di Scoops and My Story. Hm, penasaran?

Melahap Ayam Sambal Taichan dalam Sekotak Bento di Scoops and My Story
Bento Chicken Sambal Taichan di Scoops and My Story. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Inibaru.id – Satai taichan sempat menjadi salah satu menu terfavorit masyarakat Indonesia pada 2016 lalu. Saat ini, meski masih banyak kafe atau restoran yang menyediakan menu tersebut, pamornya mulai meredup.

Namun, kenikmatan satai yang tercipta karena "ketidaksengajaan" tersebut tetap tertinggal di mulut sebagian orang, khususnya karena sambalnya yang sederhana tapi bikin ketagihan itu.

Mencoba berkreasi dengan sambal taichan tersebut, Scoops and My Story Semarang, menyajikan menu inovatif bernama Chicken Sambal Taichan. Menu yang hanya bisa kamu beli saat jam makan siang itu juga tampak unik, karena disajikan dalam kotak bento.

 

Isi paket Bento Chicken Sambal Taichan di Scoops and My Story. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Penasaran, saya pun mencoba mencicipi menu tersebut. Sekotak Chicken Sambal Taichan terdiri atas nasi putih, fillet ayam, chicken karaage, salad, dan sambal taichan. Karena dikhususkan untuk makan siang, menu tersebut hanya tersedia antara pukul 11.00-15.00 WIB saja, Millens.

Penanggung jawab dapur Scoops and My Story, Chef Gaga, mengatakan, fillet ayam yang dipakai adalah bagian paha, yang dipotong memanjang lengkap dengan kulitnya. Eh, tapi buat yang nggak menyukai kulit ayam, kamu boleh rekues dari awal supaya kulitnya dihilangi, lo.

Meski sudah diolesi sambal taichan, ayam bakar yang ada dalam paket bento bisa dicocol lagi dengan sambal supaya lebih pedas. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Potongan ayam itu kemudian direbus, lalu dipanggang dan dibubuhi sambal taichan. Proses mememanggangnya nggak lama, jadi teksturnya bakal berbeda dengan satai taichan.

Sambal taichan yang kemungkinan menggunakan cabai setan ini cukup pedas. Maka, ada baiknya kamu mencicip lebih dulu untuk mengukur tingkat kepedasannya. Kalau kurang pedas, kamu tinggal menambahkan sambal yang sudah disediakan.

Baca juga:
Mulai dari Rare hingga Well Done, Ini Perbedaan Tingkat Kematangan Bistik!
Scoops and My Story, Restoran Lengkap dengan Pemandangan Indah di Semarang

Oya, laiknya kebanyakan sambal taichan, rasa paling kuat sebetulnya terletak pada kandungan jeruk nipisnya yang menyegarkan. Chef Gaga membenarkan hal tersebut.

"Sambal taichan kan menonjolkan rasa pedas. Nah, kami menambahkan daun jeruk dan perasan jeruk nipis supaya lebih segar," kata dia.

Ayam bakar dalam paket bento Chicken Sambal Taichan dari dekat. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Ayam sambal taichan cukup pas saat dimakan bersama nasi putih. Rasa pedasnya jadi nggak begitu terasa. Ini menurut saya. Oya, kamu juga bisa menetralisasi rasa pedas itu dengan saladnya.

Saya memilih memakan chicken karaage sebagai hidangan penutup. Kalau nggak pengin mencocolnya dengan sambal taichan, kamu bisa meminta saus tomat pedas kepada pelayan. Ini yang saya lakukan, dan rasanya lebih cocok.

Untuk menu makan siang, seporsi bento Chicken Sambal Taichan cukup mengenyangkan saya, apalagi kalau setelahnya langsung meneguk habis segelas es teh. Harganya pun nyaman di kantong, karena kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 48 ribu. Tertarik? (Ida Fitriyah/E03)

 

Scoops and My Story

Kategori           : Restoran

Alamat             : Jl Rinjani No 132, Gajahmungkur, Semarang

Buka                : Selasa-Minggu, 11.00-22.00 WIB

Harga Makanan :  Rp 25.000 s.d. Rp 170.000

Harga Minuman : Rp 9.000 s.d. Rp 35.000

Harga Gelato     : Rp 23.000 s.d. Rp 63.000