Mau Liburan? Yuk, Pilih Koper yang Tepat

Mau Liburan? Yuk, Pilih Koper yang Tepat
Koper. (mataharimall.com)

Memilih koper untuk persiapan liburan barangkali terlihat sepele, tetapi banyak juga yang kebingungan melakukannya. Nah, coba simak tips berikut ini agar kamu nggak salah pilih!

Inibaru.id – Wah, nggak lama lagi liburan, nih, Millens! Agar persiapan liburan kamu semakin matang, kamu bisa merencanakan segala sesuatu sejak sekarang, lo. Salah satu perencanaan yang perlu kamu perhatikan adalah mempersiapkan barang bawaan.

Ups, kamu belum punya koper? Kalau kamu berencana membeli koper, ada sejumlah tips dari Cermati.com (13/12/2017) yang bisa kamu jadikan acuan.

Pilih Koper Sesuai Kebutuhan

Memilih koper sesuai kebutuhan. (Luggagepros.com)

Biar perjalanan kamu nyaman, kamu perlu membawa koper yang sesuai kebutuhan. Pilih ukuran koper yang memiliki daya tampung tepat sesuai dengan barang-barang yang hendak kamu bawa.

Kalau kamu akan melakukan perjalanan singkat, gunakan koper kecil saja yang ukurannya sekitar 16 inci. Sebaliknya, bila perjalanan kamu panjang, kamu bisa memilih koper berukuran besar.

Intinya, sesuaikan dengan lama perjalalan kamu, ya! Eits, cara ini bisa sekaligus mengurangi biaya tambahan yang mungkin kamu keluarkan untuk menambah muatan barang, lo.

Pilih Bahan yang Tepat

Memilih koper yang tepat. (Pixabay.com)

Koper yang kuat memiliki bahan baku berkualitas baik. Koper dari bahan polycarbonate memungkinkan koper memiliki pelindung yang keras dan aman bagi isi di dalamnya, tetapi rentan mengalami kerusakan. Opsi lain adalah koper tipe soft case yang terbuat dari bahan nilon atau polyester.

Pilih Roda dan Pengamanan Koper yang Baik

Koper-koper. (timeout.com)

Selain memilih bahan dasar koper, pastikan juga bahwa roda koper yang kamu beli benar-benar kuat, ya. Oya, kamu perlu tahu, bahwa umumnya ada dua jenis roda pada koper, yaitu koper beroda empat (spinner) dan koper beroda dua (upright).

Cek pula sistem pengamanannya. Koper yang memiliki kunci pengaman Travel Security Approved berstandar keamanan internasional lebih direkomendasikan.

Cermati Harga dan Kredibilitas Toko

Harga koper. (Timeout.com)

Membicarakan soal harga, barang yang berkualitas umumnya memang nggak murahan. Tetapi, kamu bisa memastikannya dengan membandingkan harga di satu  toko dan toko lainnya. Yap, pastikan uang yang kamu keluarkan sepadan dengan kualitas koper yang dibeli, ya.

Toko yang kredibel akan menawarkan produk-produk yang terpercaya dan berkualitas. Kamu juga bisa memanfaatkan promo dari toko untuk mendapatkan potongan harga, lo. Pastikan juga bahwa koper yang kamu beli memiliki garansi. Ini akan berguna untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan nantinya.

Sip, deh! Kalau koper sudah di tangan, kamu bisa mulai mengepak barang-barang bawaan. Cukup bawa barang yang kamu perlukan, Millens. Jangan sampai kopermu penuh dengan barang-barang yang nggak bakal kamu pakai. Nah, selamat berlibur, ya! (IB08/E03)