Masih Suka Semangka Goreng? Ini Lo Bahayanya

Masih Suka Semangka Goreng? Ini Lo Bahayanya
Meski enak, semangka goreng nggak sehat. (Wikihow)

Belakangan muncul ide semangka goreng yang kabarnya bisa membuatnya jadi lebih enak. Sayangnya, bisa jadi makanan ini nggak sehat dan lumayan berbahaya bagi tubuh kamu, lo.

Inibaru.id – Beberapa saat lalu, kamu pasti pernah melihat semangka goreng yang viral di berbagai media sosial. Kabarnya, rasa dari buah ini bisa semakin nikmat kalau digoreng, lo. Padahal, kita tahu sendiri kan kalau semangka identik dengan buah dengan rasa yang segar.

Sayangnya, di balik rasa semangka goreng yang katanya unik, ini, ada lo dampak kesehatan yang bisa kita dapatkan jika sering mengonsumsinya. Apa saja sih? Yuk, simak!

Semangka Goreng Tinggi Lemak Nggak Sehat dan Kalori

Meski kamu sebenarnya makan buah, tetap saja makan semangka yang digoreng beda dengan makan semangka segar. Apalagi jika semangka ini juga digoreng dengan tepung. Bisa dipastikan semangka goreng yang kamu makan nggak lagi punya kadar air. Kadar minyaknya pun sangat tinggi.

Karena minyak ini terserap di dalam semangka, kamu pun makan minyak yang penuh lemak nggak sehat. Kalorinya juga sangat tinggi, lo, Millens. Jadi kalau kamu memakannya, dijamin bakal gagal diet atau bahkan membuat berat badan naik.

Tinggi Radikal Bebas

Kadar air semangka segar sangatlah tinggi. Kalau kamu goreng, dampaknya membuat minyak jadi terhidrolisis sekaligus teroksidasi. Dampaknya, radikal bebas di dalam semangka goreng pun jadi sangat tinggi. Kamu tahu sendiri kan radikal bebas bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Kalau kamu pikir radikal bebas hanya akan berdampak buruk pada kulit, kamu salah Millens. Paparannya dalam jangka panjang, apalagi yang berasal dari makanan yang kamu konsumsi bisa berimbas pada meningkatnya risiko terkena kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Nilai Gizinya Hilang Deh

Semangka nggak hanya soal kadar airnya yang tinggi sehingga bisa bikin segar kalau dikonsumsi. Di dalam semangka juga ada banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, kamu bisa lo mendapatkan vitamin A, vitamin C, serta potassium saat memakannya.

Nilai gizi semangka goreng hilang dan digantikan kandungan nggak sehat. (Idntimes/Southernliving.com)
Nilai gizi semangka goreng hilang dan digantikan kandungan nggak sehat. (Idntimes/Southernliving.com)

Nah, kalau digoreng, kadar-kadar gizi yang sehat itu hilang seketika. Gantinya, kamu justru akan mengonsumsi kandungan nggak sehat.

Lantas, Apakah Semangka Sebaiknya Nggak Digoreng?

Idealnya, buah-buahan memang sebaiknya dikonsumsi langsung saja. Bahkan, jus buah pun nggak sesehat buah segar, lo karena kadar seratnya berkurang drastis. Alhasil, kalau kamu mau makan semangka, sebaiknya juga nggak yang digoreng, Millens.

Meski begitu, kalau kamu ingin merasakan sensasi semangka yang lebih renyah layaknya digoreng, sebenarnya juga ada solusinya, lo, yakni dengan mengolahnya memakai vacuum frying. Teknik ini banyak dipakai oleh mereka yang membuat keripik buah.

Tapi, proses ini juga mengurangi nilai gizi semangka dengan signifikan meski setidaknya semangka nggak punya kandungan jahat seperti lemak jenuh atau radikal bebas.

Kalau kamu, apakah pernah makan semangka goreng, Millens? (Buz/IB09/E05)