Masih Punya Daging Sisa Iduladha? Bikin Brongkos Khas Jawa Tengah, yuk!

Masih Punya Daging Sisa Iduladha? Bikin Brongkos Khas Jawa Tengah, yuk!
Semangkuk brongkos. (Youtube)

Kehabisan ide untuk mengolah sisa daging kurban pasca-Iduladha? Brongkos bisa menjadi satu pilihanmu!

Inibaru.id – Iduladha baru saja berlalu. Sobat Millens, sudah puaskah menyantap aneka hidangan daging kurban? Selain satai dan gulai, biasanya apa lagi sih hidangan khas Iduladha yang kesukaanmu?

Nah, kalau stok daging kurban di rumah masih ada, kamu bisa mencoba membuat menu berbahan daging yang satu ini nih. Makanan khas daerah Jawa Tengah ini bernama brongkos.

Brongkos identik dengan warna kuahnya yang hitam dan rasanya yang gurih. Umumnya, brongkos dibuat dari daging sapi bagian sandung lamur. Bagian itu mengandung lemak yang terasa kenyal jika direbus. Tekstur kenyal inilah yang menjadi ciri khas brongkos.

Semangkuk brongkos. (Instagram.com/eatventure_jcm)

Namun, kalau nggak ada bagian sandung lamur, kamu tetap bisa membuat brongkos dengan bagian daging sapi lainnya. Oya, pakai daging kambing juga enak kok! Selain daging, brongkos juga dapat dilengkapi dengan tahu, kulit melinjo, kacang tolo, dan kacang tanah.

Sepintas, brongkos terlihat mirip rawon. Hal ini karena penggunaan keluak sebagai bumbu utamanya. Keluak membuat rasa brongkos gurih dan kental. Salah satu hal yang membedakan brongkos dengan rawon adalah bubuhan santan dalam masakan brongkos. Hm, makin gurih!

Bubuhan tahu dalam semangkuk brongkos. (Travelingyuk)

Kamu tipikal orang yang doyan pedas? Kreasikan brongkos buatanmu dengan membubuhkan cabai rawit utuh. Masukkan cabai rawit sesaat sebelum brongkos matang. Kamu bisa mengatur tingkat kepedasan dengan mengatur jumlah cabai dalam seporsi brongkosmu.

Sudah terbayang gurih dan nikmatnya brongkos dengan kuah yang kental? Selamat berkreasi di dapur sendiri ya! (IB10/E03)

Tags : #Brongkos