Mantapnya Soto Bening Khas Boyolali di Soto Segeer Hj. Fatimah

Mantapnya Soto Bening Khas Boyolali di Soto Segeer Hj. Fatimah
Soto sapi Boyolali. (Inibaru.id/ Clara Ariski)

Kalau berkunjung ke kota Boyolali, nggak lengkap kalo belum mencicipi kuliner yang terkenal di Kota Susu ini. Yep, kuilner tersebut adalah soto seger. Mau soto daging sapi atau ayam, semua ada.

Inibaru.id – Ketika menyusuri jalan utama Boyolali yang teduh, di sepanjang jalan ini pasti kamu akan menjumpai berbagai warung soto yang ramai dikunjungi orang. Bahkan para pelancong dari luar kota yang hanya melintas rela mampir sejenak demi merasakan kenikmatannya.

Salah satu warung soto yang terkenal di kota ini adalah Soto Segeer Hj. Fatimah. Lokasinya dekat dengan jalan utama. Meskipun saat itu saya berkunjung usai jam makan siang, yaitu sekitar pukul 2 siang, warung ini masih ramai. Kamu perlu buru-buru duduk supaya nggak kehabisan tempat.

Masih ramai meskipun di hari biasa. (Inibaru.id/ Clara Ariski)

Begitu masuk, aroma kaldu menyeruak. Alunan lagu keroncong juga turut menemani saya. Begitu dapat tempat duduk saya buru-buru memesan. Cara memesannya pun cukup mudah, tinggal “cegat” pelayan yang selalu mondar-mandir melayani pelanggan. Setelah itu, mereka bakal meneriakkan pesanan pada pegawai yang ada di dapur. Saya lumayan kaget karena teriakan pelayan lumayan kencang. Ha-ha. Bisa dibayangin kan bagaimana riuhnya suasana dalam warung? Tapi di situlah keunikannya.

Hanya dalam hitungan menit, pesanan saya datang. Kalau kamu pas nggak terlalu lapar, kamu bisa memesan setengah porsi soto, lo.

Jika dilihat sekilas, soto ini mirip soto Semarang dan Kudus yang memiliki kuah bening. Kesamaan yang lain adalah soto ini juga disajikan dalam mangkuk kecil yang berisi nasi, tauge, seledri, dan bawang goreng. Nah, yang membedakan adalah penggunaan daging sapi pada soto Boyolali, Millens.

Soto langsung diracik segera setelah dipesan. (Inibaru.id/ Clara Ariski)

Di meja sudah tersedia sambal, kecap, dan jeruk nipis seperti warung soto pada umumnya. Kuah soto yang hangat langsung menghangatkan badan saya. Rasanya pas dan segeer. Saya bahkan nggak perlu menambahkan apa-apa lagi ke dalam soto. Mual selama perjalanan pun jadi hilang berkat soto ini.

O ya, meskipun kuah terlihat bening, namun kaldu dagingnya sangat terasa. Yang bikin senang, potongan dagingnya itu lumayan banyak. Tekstru daging baik ayam maupun sapi sangat empuk.

Sate dan Gorengan Pelengkap Soto

Well, keunikan lain dari soto ini adalah pelengkap sate dan gorengan yang turut disajikan. Inilah kunci dari kenikmatan soto Boyolali, yakni menikmati beragam lauk dengan ukuran yang jumbo. Kamu bisa memilih sate telur puyuh, paru, kerang, usus, hingga gorengan dan jajan pasar yang lumayan lengkap.

Sate telur puyuh, paru, dan lento yang siap disantap. (Inibaru.id/ Clara Ariski)

Bagi kamu yang kurang puas dengan seporsi soto, nggak ada salahnya makan lauk yang bikin ketagihan ini! Tapi jangan kalap ya, bisa-bisa dompet kamu malah jebol. Pasalnya, satu tusuk sate dihargai mulai dari Rp 6.000 rupiah.

Gimana sobat Millens, makin penasaran sama citarasa soto ini? Yuk lah, mampir ke Boyolali. (Clara Ariski/E05)

 

Soto Segeer Hj. Fatimah

Kategori: Street Food

Alamat   1: Jalan Garuda, Dusun 3, Karanggeneng, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Depan SD 5)

              2 : Jalan Pandanaran 257 Boyolali (Depan Taman Rajawali Kota Boyolali)

              3 : Jalan Bhayangkara Tipes - Solo

Jam buka   : 05.30–21.00 WIB

Harga:

Soto        : Rp 9000

Sate        : Rp 6000

Gorengan : Rp 3000

Minuman  : Rp 2000 – Rp 4000