Nggak Sulit, Bikin Yangko Versimu Sendiri, yuk!
Dulu, yangko menjadi makanan para raja. (Kulinerbee.blogspot)

Nggak Sulit, Bikin Yangko Versimu Sendiri, yuk!

Yangko memiliki rasa manis yang khas. Untuk mencicipi makanan ini, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta. Dengan sedikit usaha, makanan ini bakal tersaji di meja makanmu.

Inibaru.id – Yangko adalah kue khas Yogyakarta dengan rasa yang manis. Tekstur kue ini pun lembut, membuat siapapun nggak kuasa menolaknya. Hm, daycation ke Kota Pelajar mungkin bakal menarik!

Namun, kalau nggak punya waktu, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, kok! Selain rasa kacang dan buah-buahan yang banyak dijual di pasaran, dengan membuat sendiri kamu juga bisa mengkreasikan yangko versimu sendiri, lo!

Tertarik membuatnya? Yuk, ikuti dulu cara-caranya berikut ini!

Bahan:

  • 500 gram tepung ketan
  • 100 gram tepung maizena
  • 2 sendok makan margarin
  • ½ butir kelapa, parut, jadikan santan
  • garam secukupnya

Isian:

  • 140 gram kacang tanah
  • 140 gram gula pasir

Cara membuat:

  1. Tumbuk kacang tanah hingga halus, lalu sangrai. Tambahkan gula pasir dan aduk lagi sampai merata.
  2. Campurkan air dengan tepung ketan, kemudian ambil kain bersih dan gunakan untuk menyaring adonan.
  3. Lelehkan margarin, lalu tuangkan santan, garam, dan pewarna makanan ke dalam adonan. Aduk supaya merata. Siapkan loyang yang sudah dilapisi dengan plastik.
  4. Kukus adonan selama 45 menit, dinginkan, kemudian belah menjadi dua bagian.
  5. Taburkan kacang pada bagian atas adonan yang telah matang, lalu tutup lagi dengan adonan yang lain. Potong yangko dan sajikan.

Oya, kamu bisa mengganti taburan kacang dengan rasa lain sesuai selera. Bisa kamu ganti dengan taburan keju, bubuk oreo, green tea, atau apapun yang menurutmu pas.

Sudah selesai? Jangan buru-buru menyantapnya, Millens! Supaya ngemilmu makin nikmat, nggak ada salahnya kamu menyiapkan secangkir teh manis lebih dulu. Hm, meski nikmat, kamu juga tetap harus atur porsinya supaya berat badanmu nggak bertambah ya! (IB10/E03)