Pisang Berbalut Olahan Singkong: si Manis Moto Belong dari Jepara

Pisang Berbalut Olahan Singkong: si Manis Moto Belong dari Jepara
Moto Belong memiliki rasa yang manis. (Najichahshinta.blogspot)

Kabupaten Jepara memiliki camilan khas yang disebut Moto Belong. Bagi kamu yang suka mengeksplorasi pelbagai makanan tradisional, kue ini bisa kamu coba bikin sendiri. Caranya gampang kok. Yuk dicoba!

Inibaru.id – Nggak sedikit kue tradisional khas Jawa Tengah yang memiliki rasa manis. Di Kabupaten Jepara, rasa manis ini bisa kamu jumpai saat menyantap Moto Belong. Ya, bagi sebagian orang, kuliner ini mungkin asing di telinga. Tampilannya unik lantaran berbentuk seperti mata. Dalam bahasa Jawa, moto belong memang berarti mata yang melotot

Berbahan dasar singkong, kue ini dibuat menggunakan campuran lain seperti kelapa muda dan pisang tanduk. Kue ini bisa kamu jumpai di pasar tradisional dengan harga yang murah. Tapi, kalau pengin bikin sendiri juga bisa, lo. Pengin tahu caranya? Simak dulu, yuk!

Bahan-Bahan:

  • 1200 gram singkong, parut
  • ½ butir kelapa muda (sebagai campuran adonan), kupas kulit arinya, parut
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh vanili
  • ½ butir kelapa muda, kupas, parut memanjang
  • 4 buah pisang tanduk, kukus sampai matang
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Pewarna makanan (bebas, namun umumnya hijau dan merah)

Cara Membuat:

  1. Campurkan singkong dengan kelapa yang sudah diparut, gula pasir, vanili, dan garam. Jika sudah merata, bagi adonan menjadi dua bagian dan beri masing-masing perwarna yang berbeda. Aduk lagi agar warna tercampur hingga merata.
  2. Gunakan selembar daun pisang sebagai alas. Letakkan ½ bagian adonan merah, dan sisanya lagi untuk adonan hijau di alas itu, lalu pipihkan.
  3. Ambil pisang yang sudah dikukus dan letakkan di tengahnya. Bentuk hingga menjadi lingkaran utuh, kemudian gulung daun pisang hingga membungkus keseluruhan adonan. Gunakan lidi supaya adonan tetap tertutup daun. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Kukus adonan dengan api besar selama sekitar satu jam. Jika sudah matang, angkat, dinginkan. Moto belong siap disajikan.

Cara bikinnya gampang kan? Meski bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana, namun rasa kue ini mungkin bakal bikin kamu yang sedang merantau jadi bernostalgia tentang kampung halaman. Hm, kira-kira, kue tradisional apa lagi yang pengin kamu coba bikin, Millens? (IB15/E03)