Menjajal Kunafa saat Berbuka, Menikmati Kue Cantik dari Palestina yang Legit dan Lembut

Menjajal Kunafa saat Berbuka, Menikmati Kue Cantik dari Palestina yang Legit dan Lembut
Kunafa. (Youtube)

Jika Turki punya kue khas yang disebut baklava, Palestina pun kue yang nggak kalah enak yakni kunafa. Kamu yang menggemari kuliner Timur Tengah, mungkin nggak asing dengan kue ini. Ya, kunafa begitu menggoda untuk berbuka puasa. Siapa yang pengin merasakan enaknya kue ini?

Inibaru.id – Legit, renyah, dan lembut, itulah yang kamu rasakan jika mencicipi kunafa, kue lembut dari Palestina. Dari tampilannya saja, rasanya sulit untuk menolak makanan ini.

Menggunakan bahan-bahan seperti sirop gula, kismis, krim, dan kelapa parut, kunafa cocok untuk berbuka puasa atau menjamu tamu saat Lebaran tiba. Untuk membuat kue ini juga mudah, lo. Yuk, coba bikin sendiri bersama keluarga.

Bahan:

  • Tiga cangkir susu
  • Tiga sendok makan gula
  • Tiga sendok makan tepung maizena
  • Keju secukupnya, parut

Cara membuat:

  1. Tuang susu dan gula dalam panci, kemudian aduk supaya merata. Tunggu hingga mendidih dengan api kecil.
  2. Encerkan tepung maizena dengan air putih. Jika adonan kunafa sudah mendidih, masukkan tepung maizena ke dalam panci, lalu aduk selama satu menit supaya mengental.
  3. Masukkan keju yang sudah diparut sesuai selera. Pastikan bahwa keju nggak menggumpal. Jika sudah matang, matikan kompor dan dinginkan.
  4. Jika sudah dingin, beri isian sesuai selera. Biasanya kunafa menggunakan isian seperti kismis atau kacang.
  5. Panggang dengan suhu 200 derajat Celcius selama 30 menit. Sebelum dipanggang, olesi loyang dengan mentega ya.
  6. Kunafa siap dihidangkan.

Supaya tambah enak, kunafa biasanya disiram dengan sirop gula. Sirop ini bikinnya gampang kok. Dengan menggunakan air gula, air mawar, dan air jeruk nipis yang direbus bersamaan, sirop sudah bisa digunakan.

Hm, membayangkan tampilannya saja sudah nggak tahan nunggu waktu berbuka puasa. Siapa yang menolak istimewanya kue ini? (IB15/E03)