Manis, Gurih, Pedasnya Nasi Krawu Khas Gresik

Manis, Gurih, Pedasnya Nasi Krawu Khas Gresik
Nasi Krawu, makanan khas dari Kabupaten Gresik. (Putri Rachmawati/Inibaru.id)

Berkunjung ke Kabupaten Gresik, Jawa Timur, nggak lengkap rasanya kalau belum mencicipi beragam makanan khas dari Kota Wali tersebut. Nasi Krawu menjadi kuliner khas yang wajib banget kamu coba.

Inibaru.id - Nasi Krawu merupakan  makanan khas Gresik yang berbahan dasar nasi dan suwiran daging sapi. Meskipun terlihat sederhana, makanan ini memiliki rasa yang sangat lezat. Suwiran daging sapi yang empuk serta memiliki rasa manis dan gurih ini didapat dari campuran bumbu-bumbu sederhana seperti bawang putih, bawang merah goreng, ketumbar, jintan, merica, asem, kaldu, dan gula jawa.

Nggak hanya suwiran daging, lauknya pun bisa ditambah dengan jeroan sapi dan telor asin. Untuk menyeimbangkan rasa dominan manis pada daging sapi, nasi krawu juga dilengkapi serundeng kelapa gurih yang biasanya terdiri atas dua jenis serundeng, yakni serundeng merah dari cabai dan kuning dari kunyit.

Namun, yang membuat rasa nasi khas Gresik itu semakin mantap adalah sambelnya, Sobat Millens. Sambel nasi krawu yang terbuat dari cabai rawit, terasi, dan tambahan petis ini mampu membuat lidahmu bergoyang. Dijamin ketagihan, deh!

Kelezatan rasa suwiran daging sapi yang manis-gurih, serundeng kelapa yang gurih, dan sambel terasi dalam Nasi Krawu. (Putri Rachmawati/Inibaru.id)

Dari Madura

Sebelum dikenal sebagai makanan khas di Gresik, nasi krawu sejatinya merupakan kuliner tradisional yang berasal dari Madura. Konon, nasi krawu dibawa para pedagang dari Madura yang mencoba berjualan di Gresik. Rupanya nasi itu banyak diminati masyarakat Gresik, hingga menjadi makanan khas di daerah tersebut.

Oya, nama nasi krawu berasal dari istilah krawuk, yang dalam istilah masyarakat Gresik berarti “mengambil dengan tangan”. Yap, ini karena kebanyakan penjual menyajikan dan menyiapkan menunya hanya dengan menjumputinya pakai tangan.

Meskipun disajikan dengan sederhana, nasi krawu sering dianggap makanan mewah lo, Millens. Tentu saja karena nasi ini menggunakan lauk daging sapi. Padahal, nasi krawu nggak terlalu mahal, kok. Kamu cukup merogoh kocek antara Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu untuk seporsi nasi krawu lengkap.

Nah, mampirlah ke kedai-kedai nasi krawu kalau liburan ke Gresik ya, Millens? Rasanya, hmm, nangeni! (Putri Rachmawati/E03)