Sensasi Kenyal-Manis Klepon di Lidah Kamu

Kekenyalan dan kemanisan penganan ini bakal bikin kamu merasakan sensasi tertentu. Klepon, kata orang Jawa, sementara orang Sulawesi dan Sumatera menyebutnya onde-onde. Dinikmati dengan parutan kelapa, yummy!

Sensasi Kenyal-Manis Klepon di Lidah Kamu
Klepon (bacaterus.com)

Inibaru.id –Kenyal di luar dan lumer ketika digigit. Yap, klepon namanya. Penganan yang satu ini biasa kita jumpai di lapak pedagang jajanan tradisional ya, Millens.

Jajanan pasar yang terbuat dari tepung ketan ini berasal dari Jawa Tengah. Warnanya hijau, biasanya karena diberi pewarna alami dari daun suji atau pandan.

Cara membuatnya pun cukup mudah kok. Mengutip bobo.grid.id (28/12/17), tepung ketan dicampur dengan tepung beras kemudian ditambahi air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Kalau sudah, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil.

Baca juga:
Dari Ketan, Jajanan-Jajanan Ini Bikin Lidahmu Kenyal-kenyil
Sarapan Santai dan Nyaman di My Kopi-O!

Jangan lupa isi bagian tengah adonan dengan gula merah ya! Rebus adonan yang sudah jadi di air mendidih. Oya, kamu juga bisa tambahkan daun pandan pada air rebusan biar lebih wangi tuh.

Kalau adonan sudah matang, tiriskan dan gulingkan ke parutan kelapa hingga merata. Nah, klepon siap dinikmati deh.

Dikutip dari kompasiana.com (16/6/17), sejak 1950 klepon sudah diperjualbelikan di restoran Indonesia-Belanda atau Tionghoa. Bahkan eksistensinya sudah sampai ke luar negeri karena diperkenalkan oleh para imigran Indonesia?

Saat ini sudah banyak inovasi baru pada klepon. Ada klepon yang berwarna-warni hingga klepon dengan berbagai macam isi seperti cokelat dan keju.

Oya, klepon punya julukan lain di beberapa daerah. Orang Sumatera dan Sulawesi menyebutnya onde-onde. Di Lombok, orang-orang menyebut klepon dengan klepon kecerit. Hm, Indonesia memang kaya, ya?

Baca juga:
Getuk yang Dikudap Hanya saat Pahing dan Wage
Rempeyek Yutuk, Makanan Unik dan Bergizi Khas Pantai Selatan

Gimana Millens? Sudah terbayang perpaduan manis dan gurihnya klepon? Yuk cari dan beli! (IB10/E02)Biasanya klepon dijual dalam wadah plastik beralaskan daun pisang. Satu kotaknya berisi empat sampai lima buah klepon yang mengenyangkan. Yap, kandungan karbohidrat dari tepung ketan bisa jadi sumber tenaga untuk beraktivitas lo. Eits, untuk penderita diabetes nggak boleh kebanyakan makan klepon ya. Karena kandungan gula jawanya lumayan banyak juga tuh.