Manis Asam Buah Asli dalam Segelas Es Puter Tanah Mas Semarang

Manis Asam Buah Asli dalam Segelas Es Puter Tanah Mas Semarang
Satu porsi Es Puter Tanah Mas dengan campuran dua rasa. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Pencinta jajan masa kecil wajib coba Es Puter Tanah Mas. Selain Menyegarkan, es puter ini punya rasa manis dan asam khas buah yang bikin nagih.

Inibaru.id - Meski variasi es krim hingga gellato saat ini sudah menjamur, tapi jajanan legendaris yang satu ini masih banyak diburu pencintanya. Es puter! Nggak cuma segar, Es Puter Tanah Mas punya keistimewaan lo, Millens!

Biasa mangkal di Jl. Hasanuddin Raya No. A53, penjual es puter yang satu ini selalu ditunggu pelanggannya. Meski terdengar sederhana, rasa es puter yang dijual nggak sesederhana itu! Es puter dengan berbagai rasa ini terbuat dari bahan asli dan alami, bukan kaleng-kaleng!

Meski mangkal di pinggir jalan, es puter ini selalu ramai pembeli. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Tersedia dalam berbagai rasa seperti durian, stroberi, kelapa muda, alpukat, kelengkeng dan cokelat, perisa es puter ini berasal dari buah asli. Untuk cokelat, si penjual menggunakan cokelat bubuk. Setiap harinya penjual cuma menyediakan tiga rasa saja. Setiap hari akan diganti. Tapi nggak perlu khawatir, semua rasa yang dijual dijamin enak meskipun bukan rasa favoritmu.

Sore itu, saya mencicipi tiga rasa yaitu durian, cokelat dan stroberi. Benar saja, aroma durian dan stroberinya begitu khas tapi nggak terlalu menyengat seperti es berperisa buatan. Rasa manisnya pun pas dan nggak lebay. Untuk rasa masam dari stroberi pun bikin sensasi menyegarkan. Rasa cokelatnya pun terasa pekat dengan manis yang pas. Tekstur esnya pun lebih lembut dan creamy dibanding es puter lainnya.

Tekstur lembut Es Puter Tanah Mas. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Penjual mematok harga Rp 10ribu - Rp 15 ribu saja untuk satu gelas penuh. Kalau kamu ingin menjajal beberapa rasa, kamu bisa request untuk mencampur beberapa rasa dalam satu gelas. Penjual ini nggak punya kedai khusus, dia mangkal mulai pukul 5 sore sampai 9 malam saja.

Penjual sedang menuangkan es menggunakan scoop es. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Untuk bisa menikmati es puter yang super lezat ini kamu bisa mengetik Ayam Goreng Oyong di peta online ya. Letak es puter ini berada tepat di seberang Ayam Goreng Oyong. Memang sih penjual menyediakan kursi plastik, tapi para pembeli biasa duduk di tanggul kali di dekat situ untuk menikmati es. Cocok banget untuk ngobrol sore sambil menikmati senja. Mantul kan? (Zulfa Anisah/E05)

 

Es Puter Tanah Mas

Alamat            : Jl. Hasanuddin Raya No. A53, Tanah Mas, Semarang (seberang Ayam Goreng Oyong)

Kategori          : Pedagang Kali Lima

Jam Buka        : 17.00 – 21.000 WIB (Senin – Minggu)

Harga              : Rp 10.000 – Rp 15.000