Beraroma Khas dan Lezat, Durian Juga Punya Banyak Manfaat

Beraroma Khas dan Lezat, Durian Juga Punya Banyak Manfaat
Manfaat buah durian. (Bisniswisata)

Siapa sih yang nggak kenal buah berduri khas Indonesia yang jadi buruan banyak orang? Selain lezat, buah ini juga kaya akan manfaat.

Inibaru – Buah satu ini termasuk buah primadona di Indonesia. Setiap musim panen, buah itu selalu diburu banyak orang sekalipun harganya cukup membuat dompet jebol. Satu hal yang selalu dinanti penikmatnya, kelezatan!

Yap, bagi sebagian orang, durian memiliki rasa lezat yang nggak tertandingi. Aroma durian yang khas juga membuat orang kesengsem dengannya sejak dari jarak beberapa meter. Kendati begitu, nggak sedikit pula yang nggak suka buah berduri ini karena aroma yang dianggap terlalu menyengat itu.

Nggak hanya lezat dan harum, durian juga mengandung ragam vitamin dan mineral, karbohidrat, lemak, serta protein yang baik untuk tubuh. Segambreng kandungan itu bermanfaat bagi tubuh seperti berikut.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Durian diperkaya dengan kandungan potasium hingga 436 miligram per 100 gram sajian. Perpaduan potasium, kalsium, dan vitamin B membuat durian mampu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, termasuk gigi.

Mengobati Insomnia

Buah durian disebut mampu memulihkan gangguan tidur. Manfaat ini didapat karena adanya kandungan triptofan di dalam durian. Triptofan bekerja dengan masuk ke otak kemudian diubah menjadi serotonin. Zat inilah yang menimbulkan rasa rileks dan gembira. Kelebihan serotonin kemudian melepas melatonin ke dalam aliran darah sehingga tubuh merasa lelah dan perlahan mengantuk.

Mencegah Kanker

Durian mengandung vitamin, mineral, serta komponen lain yang bekerja sebagai antioksidan yang dapat berperan sebagai pencegah kanker. Radikal bebas yang bisa merusak sel menjadi sel kanker akan dilawan antioksidan ini bila masuk ke tubuh.

Merileksasi pembuluh darah

Durian sarat akan potasium yang merupakan mineral penyeimbang kadar garam dan cairan di dalam tubuh. Ketika jumlah potasium mencukupi, pembuluh darah menjadi rileks. Stres di sistem kardiovaskular akan berkurang, risiko terkena atherosklerosis juga akan berkurang. Pembuluh darah yang rileks menghindarkanmu dari serangan jantung dan strok.

Mencegah Anemia

Di dalam durian terdapat asam folat, zat besi, dan tembaga yang berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah merah. Kandungan itu sangat membantu penderita anemia untuk mencukupi sel darah merah di tubuhnya.

Mumpung awal bulan, kamu bisa menyisihkan recehan gajimu buat beli durian, kan? Hitung-hitung, makan durian sebagai penghargaan kepada diri sendiri karena sudah bekerja keras selama sebulan kemarin. Ha-ha. (IB24/E04)