Makanan yang Pasti Bisa Kamu Temui di Warteg, Apa saja?

Makanan yang Pasti Bisa Kamu Temui di Warteg, Apa saja?
Makanan yang pasti ditemui di warteg. (resepkoki.id)

Ada sejumlah makanan yang jadi menu andalan di warteg (warung tegal). Menu-menu ini pasti bisa kamu temui di manapun warteg yang kamu temui. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Warteg atau warung tegal adalah salah satu jenis tempat makan paling populer di Indonesia. Bentuknya sederhana, harganya merakyat, namun pilihan makanannya sangat banyak. Semua orang pasti suka untuk makan di sini karena dijamin puas dan kenyang.

Kalau kamu cermati, ada sejumlah menu makanan yang seperti menjadi standar makanan warteg. Sejauh manapun kamu pergi atau merantau, asalkan menemukan warteg, pasti dijamin menemukan makanan-makanan ini. Apa saja, ya?

1.       Tempe Orek

Tempe orek di warteg. (pengusahasukses.com)
Tempe orek di warteg. (pengusahasukses.com)

Sebenarnya sih ya, tempe orek ini bukan menu andalan di warteg saja. Di sebagian besar tempat makan, khususnya yang tradisional, menu tempe orek atau kering tempe pasti disajikan. Maklum, lauk ini termasuk dalam lauk sejuta umat yang digemari banyak orang di Indonesia.

Tempe orek di warteg ini dibagi dalam dua jenis, yakni yang basah dan yang kering. Kalau soal mana yang lebih enak di antara keduanya, tentu soal selera, ya Millens. Yang pasti, rasanya dijamin enak dan bisa dikombinasikan dengan berbagai macam lauk lainnya.

2.       Telur Dadar

Telur dadar ala warteg. (Kompas)
Telur dadar ala warteg. (Kompas)

Telur dadar di warung makan padang memang nggak ada duanya. Tapi, siapa juga yang bisa menolak kenikmatan telur dadar ala warteg, Millens? Ukurannya cukup tebal, rasanya gurih, dan diberi tambahan daun bawang yang membuatnya memilki rasa yang kaya.

Yang pasti, telur dadar bisa kamu makan langsung di warteg atau dijadikan lauk yang kamu bungkus pulang. Dijamin puas deh kalau kamu adalah penggemar olahan telur.

3.       Telur Balado

Telur balado di warteg. (Kompas/Citra Fany Samparya)
Telur balado di warteg. (Kompas/Citra Fany Samparya)

Nggak lengkap rasanya kalau nggak makan dengan lauk dengan sensasi pedas. Memang, di warteg juga ada sambal yang mantap, tapi nggak ada salahnya lo mencoba telur balado yang berwarna merah dan menantang lidahmu untuk mencicipinya.

Biasanya sih ya, telur balado dibuat dari telur rebus yang diolah dengan bumbu balado berwarna merah. Menariknya, ada juga lo warteg yang membuat lauk telur balado dari telur ceplok, Millens. Hm, rasanya pasti menarik, deh.

4.       Lele Goreng

Lele goreng khas warteg. (masakanbunda)
Lele goreng khas warteg. (masakanbunda)

Lele goreng adalah salah satu menu andalan dari warung pecel lele yang biasanya buka di sore dan malam hari. Untungnya, kamu juga bisa menemukan menu ini di warteg, Millens. Lele goreng ini biasanya digoreng dengan tambahan tepung untuk membuatnya jadi lebih kriuk dan gurih.

5.       Aneka Oseng Sayuran

Oseng sayur ala warteg. (Kompas/Citra Fany Samparya)
Oseng sayur ala warteg. (Kompas/Citra Fany Samparya)

Selain orek tempe, ada banyak olahan yang disebut sebagai jangan, sebutan untuk sayur atau olahan oseng sayur di warteg. Nah, khusus untuk oseng sayur, kamu bisa menemukan oseng kangkung, oseng kacang panjang, oseng kecambah, dan lain-lain.

Jika dipadukan dengan nasi, tempe, atau mendoan, bisa jadi paket makanan yang murah, enak, mengenyangkan, sekaligus kaya gizi, lo.

Omong-omong, kamu paling suka pilihan makanan warteg yang mana, nih, Millens? (Kom/IB09/E05)