Lontong Tuyuhan dan Makanan yang Harus Kamu Coba di Rembang

Lontong Tuyuhan dan Makanan yang Harus Kamu Coba di Rembang
Lontong tuyuhan. (Phinemo)

Jalan-jalan ke Kabupaten Rembang untuk menikmati laut, kurang lengkap jika nggak berwisata kuliner di sana. Nggak perlu pusing karena ada banyak pilihan makanan sesuai seleramu.

Inibaru.id - Jika kamu sering melakukan perjalanan di pantai utara (pantura) Jawa Tengah, terutama di bagian perbatasan sebelah timur, kamu tentu bakal nggak asing dengan Kabupaten Rembang. Kota yang identik dengan RA Kartini, selain Jepara, itu begitu terkenal dengan wisata baharinya.

Selain tempat yang asyik untuk piknik, Rembang juga punya segudang wisata kuliner yang nggak kalah menarik, lo, Millens. Nah, berikut ini adalah kuliner andalannya! Apa saja?

Sate Serepeh

Sate Serepeh. (Akhirpekanseru.blogspot)

Sate dengan lumuran bumbu kacang atau kecap pastilah sudah lumrah. Tapi, Sate Serepeh nggak begitu. Kuliner satu ini disajikan dengan bumbu sambal bersantan. Bayangkan saja betapa istimewanya perpaduan antara rasa daging ayam dengan santan. Nggak susah menemukan pedagang satai ini karena bisa kamu jumpai di banyak tempat.

Lontong Tuyuhan

Lontong tuyuhan. (Ksmtour)

Sekilas, Lontong Tuyuhan terlihat seperti opor ayam. Tapi, tentu bukan opor biasa. Lontong Tuyuhan adalah perpaduan potongan lontong, daging ayam jawa dan kuah kuning yang berasal dari Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Rembang.

Kelo Mrico

Kelo mrico. (Wisataku)

Dalam bahasa Rembang, “kelo” berarti sayur berkuah, sedangkan “mrico” berarti merica. Kelo mrico merupakan olahan ikan laut yang dibumbui dengan merica. Sebenarnya, nggak cuma ikan laut saja, ikan air tawar seperti bandeng juga sering dimasak kelo mrico. Kalau kamu penggila makanan pedas, kuliner ini wajib kamu coba.

Soto Rembang

Soto Rembang. (Wisataku)

Seperti daerah lain, Rembang pun punya soto. Soto di Rembang kuahnya mengandung santan. Dalam seporsi Soto Rembang biasanya ada daging ayam dan daging sapi, kecambah dan taburan bawang goreng.

Urap Latoh

Urap Latoh. (Instagram/bhekti_art)

Latoh merupakan jenis rumput laut yang memiliki warna hijau terang dan berbentuk bulat kecil pada ujungnya. Rasanya yang asin, pas banget dipadukan dengan sambal. Biasanya urap latoh bakal lebih nikmat jika kamu makan dengan nasi liwet dan tempe goreng.

Yuk, ajak lidahmu bersentuhan dengan makanan enak khas Rembang ini, Millens! (IB20/E03)