Makanan Pendamping yang Membuat Acara Makan Sushi Menjadi Lebih Nikmat

Makanan Pendamping yang Membuat Acara Makan Sushi Menjadi Lebih Nikmat
Sushi dan makanan pendampingnya. (Pixabay)

Kenikmatan sushi akan semakin sempurna jika kamu juga turut menyertakan makanan pendampingnya. Bukan sekadar pelengkap, setiap suguhan makanan pendamping sushi mempunyai rasa yang khas dan manfaat tersendiri.

Inibaru.id - Penggemar sushi, mana suaranya? Sudah berapa banyak varian sushi yang kamu lahap selama ini? Sushi, meski biasanya berukuran imut, tapi kelezatan di setiap gigitan begitu lengkap ya. Bagaimana nggak, makanan mengenyangkan ini umumnya berupa nasi yang digulung bersama lembaran rumput laut dan berbagai isian atau topping seperti daging, ikan, dan sayuran.

Tapi, sushi yang isinya sudah bermacam-macam itu masih kurang lengkap jika kamu lahap sendirian, lo. Di restoran Jepang, penyajian sushi biasanya disertai dengan makanan pendamping yang pastinya bikin acara makan sushi kamu jadi lebih maksimal. Dilansir dari sushi.com, beberapa makanan itu adalah sebagai berikut. Cekidot!

Tsukemono

https://metropolisjapan.com/wp-content/uploads/2016/04/web-banner-1-860x480.jpg

Tsukemono.(Metropolisjapan)

Tsukemono adalah sayuran yang dibuat acar yang biasanya selalu disajikan bersamaan dengan masakan Jepang termasuk sushi. Rasanya ada yang asin, pedas bahkan ada yang memiliki rasa herbal yang kuat.

Salah satu jenis acar yang populer dihidangkan bersama sushi adalah gari, yaitu jenis acar yang terbuat dari jahe merah. Jika mengonsumsi gari, perut kamu bakal terasa lebih nyaman setelah menyantap sushi.

Rumput Laut Panggang

http://kantenya.com/wp-content/uploads/2017/07/6a013480cfea5e970c0168eb1410cd970c.jpg

Rumput laut panggang. (Kantenya)

Makanan ringan yang biasanya dihidangkan sebagai pembuka sebelum menikmati sushi adalah rumput laut panggang. Kudapan yang disebut nori ini teksturnya renyah dan gurih, pas banget untuk membangkitkan selera makanmu.

Wasabi

https://assets.wired.com/photos/w_1720/wp-content/uploads/2015/04/wasabi-ft1.jpg

Wasabi. (iStock)

Warnanya hijau, aromanya tajam dan cita rasanya pedas. Saat makan sushi, orang-orang menambahkan wasabi karena mengandung antibakteri yang menetralkan racun yang mungkin terdapat dalam ikan mentah.

Jika melewatkan bahan makanan yang berasal dari tanaman bernama wasabia japonica ini kamu bisa saja keracunan dan mengalami masalah pencernaan setelah makan sushi. Duh, jangan sampai ya, Millens!

Shoyu

http://3.bp.blogspot.com/-kXIGEk5Au2c/UBwkugvKyaI/AAAAAAAAAsU/X3HJ5ABX3xo/s1600/DSC01957.JPG

Shoyu. (Missmochi.blogspot)

Cairan hitam ini adalah kecap Jepang yang bercita rasa asin bercampur manis. Berdasarkan kekentalannya, shoyu ada dua yaitu tamari (asin dan encer) dan koikuchi (manis dan kental).

Shoyu inilah cocolan yang tepat untuk sushi-sushi yang kamu pesan.

Shichimi

https://www.pepperscale.com/wp-content/uploads/2017/03/Shichimi-Togarashi-Substitute.jpeg

Bubuk ajaib shichimi. (Pepperscale)

Ini adalah “bubuk ajaib” yang selalu eksis pada aneka sajian masakan Jepang. Shichimi ini terbuat dari bahan-bahan seperti kulit jeruk, cabai, bubuk nori, wijen dan lainnya. Semua bahan tersebut kemudian dikeringkan, dihaluskan, dan dicampur menjadi satu.

Ya, saat kamu memesan sushi di restoran Jepang, meja pasti bakal terlihat ramai dengan banyak cawan, kan? Itu karena makan sushi semata kurang afdol. Segala jenis pernak-perniknya juga kudu ikutan kamu lahap, ya! (IB20/E05)