Ada yang Bikin Hoki, Makanan Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara di Dunia

Ada yang Bikin Hoki, Makanan Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara di Dunia
Kransekage, hidangan khas Tahun Baru di Denmark dan Norwegia (femina.dk)

Kalau di Indonesia, makanan khas Tahun Baru biasanya adalah jagung bakar, ikan bakar, atau sate. Kalau di luar negeri kira-kira makana apa saja yang dikonsumsi saat perayaan Tahun Baru?

Inibaru.id – Tahun Baru ternyata nggak hanya tentang pesta kembang api. Di berbagai belahan dunia, Tahun Baru juga dirayakan dengan menikmati menu khas Tahun Baru yang nikmat bareng orang-orang tercinta. Sebagai contoh, di Indonesia, tahun baru biasanya dirayakan dengan mengonsumsi makanan yang dibakar seperti jagung bakar, ikan bakar, atau sate ayam.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Sabtu (30/12/2017) berikut adalah beberapa jenis makanan khas tahun baru yang unik dan menarik dari berbagai negara di dunia.

  1. Hoppin’ John

Image result for classic Hoppin’ JohnHoppin’ John siap santap. (southernliving.com)

Masyarakat Amerika Selatan menganggap perayaan Tahun Baru akan kurang meriah tanpa adanya Hoppin’ John. Makanan ini sebenarnya adalah nasi yang diberi tambahan daging babi dan kacang polong. Hidangan ini menjadi simbol koin. Sayuran hijau dan jagung pada menu ini juga memiliki arti sendiri. Warna hijau pada sayur menjadi lambang uang kertas dan kuning pada jagung mewakili emas. Secara simbolik, makanan ini melambangkan kemakmuran dan keberuntungan.

  1. Tamales

Image result for classic tamales

Tamales disiram dengan sup sebagai sausnya. (livewellnetwork.com)

Bergeser ke Meksiko, masyarakat di Negeri Sombrero ini biasanya makan Tamales untuk merayakan Tahun Baru. Tamales terbuat dari adonan tepung jagung, daging, keju, atau bahan lainnya kemudian dibungkus dengan daun pisang atau kulit jagung. Biasanya tamales dimakan bersama dengan Menudo, sup babat, atau sup jagung. Masyarakat Meksiko punya kebiasaan membagi-bagikan tamales pada tetangga atau kerabat.

  1. Oliebollen

Image result for Oliebollen

Oliebollen dengan taburan gula halus. (Justapinch.com)

Oliebollen memiliki arti bola-bola yang digoreng. Bola-bola ini dibuat dari adonan yang dicampur dengan kismis. Makanan ini bisa dengan mudah ditemukan di pedagang kaki lima yang ada di Belanda, khususnya di waktu yang dekat dengan Tahun Baru.

  1. Marzipanschwein atau Glücksschwein

Image result for Marzipanschwein atau Glücksschwein

Tampilan marzipanschwein. (christinawaitforit.com)

Marzipanschwein atau Glücksschwein adalah makanan yang biasa dikonsumsi masyarakat Austria dan Jerman saat Tahun Baru. Sebenarnya, makanan ini adalah kembang gula yang dibuat mirip seperti babi-babi berukuran kecil. Selain dikonsumsi dengan wine dan daging babi, Marzipanschwein atau Glücksschwein juga dijadikan dekorasi meja karena bentuknya yang lucu dan unik.

  1. Mie Soba

Related image

Varian mie soba. (Japanesestation.com)

Dilihat dari namanya saja kita sudah tahu bahwa makanan ini berasal dari Jepang. Masyarakat Negeri Sakura sering mengonsumsi Mie Soba saat tahun baru karena melambangkan kemakmuran dan panjang umur. Selain itu, sebelum Tahun Baru, masyarakat Jepang juga akan membuat kue beras dalam tradisi yang disebut sebagai Mochitsuki. Unik ya, Millens?

  1. Cotechino con lenticchie

Image result for Cotechino con lenticchie

Cotechino con lentichie. (nonsoloricette.com)

Meski memiliki nama yang Italia banget, Cotechino con lentichie sama sekali nggak terkait dengan kopi lo, Millens. Makanan ini adalah sosis yang dibuat dari daging kaki babi dan lentil yang diolah dengan cara direbus. Makanan ini biasanya disajikan bersama Chiacchiere, sejenis bola-bola goreng dengan taburan gula bubuk atau madu. Makanan-makanan ini dianggap melambangkan keberuntungan.

  1. Kransekage

Image result for Kransekage

Tampilan kransekage menyerupai kerucut. (alt.dk)

Kransekage adalah sejenis kue berbentuk cincin dan disusun menyerupai kerucut atau menara. Biasanya di bagian tengah akan ditaruh botol wine atau minuman beralkohol lain. Kue ini biasa dikonsumsi masyarakat Norwegia dan Denmark untuk merayakan Tahun Baru.

Menarik ya, Millens? Kalau kamu tahu makanan khas tahun baru lainnya, tulis di kolom komentar ya. (IB09/E05)