Makan Siang di Yogyakarta, Jangan Lupakan Gudeg Manggar yang Bikin Lidah Bergoyang

Jika kamu pergi ke Yogyakarta, gudeg menjadi makanan yang cukup mudah kamu jumpai di mana-mana. Namun jangan salah, ada pula jenis gudeng yang sulit dijumpai, lo. Gudeg apakah itu?

Makan Siang di Yogyakarta, Jangan Lupakan Gudeg Manggar yang Bikin Lidah Bergoyang
Gudeg manggar banyak dijumpai di Kabupaten Bantul. (Warga Jogja)

Inibaru.id – Gudeg sudah menjadi makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Yogyakarta. Makanan ini memang menggoda lidah dan bikin sebagian orang ketagihan untuk mencicipinya.

Nah, bicara tentang gudeg, ada jenis gudeg lain yang juga harus kamu coba, yaitu gudeg manggar. Hm, memangnya apa sih bedanya gudeg ini dengan gudeg yang biasa?

Nggak seperti gudeg yang umumnya menggunakan nangka muda, gudeg manggar menggunakan bunga muda pohon kelapa sebagai campurannya. Ini membuat teksturnya lebih padat dibandingkan tekstur gudeg nangka.

Baca Juga:
Pengin Gudeg Manggar tapi Jauh dari Yogyakarta? Bikin Sendiri Juga Bisa!
Setara Gudeg Pawon, Jelajahi Rasa Gudeg Manggar di Tempat-Tempat Ini, yuk!

Untuk mencari makanan ini agak sulit mengingat bunga muda pohon kelapa hanya bisa ditemukan di pohon yang sudah “pensiun”. Hm, nggak heran harga gudeg ini lebih mahal ketimbang gudeg nangka.

https://myeatandtravelstory.files.wordpress.com/2017/01/cover-gudeg-manggar-1280x854.jpg?w=1280&h=854&crop=1

Gudeg manggar bikin makanmu makin lahap. (Myeatandtravelstory.wordpress)

Kalau kamu tertarik mencicipinya, datang saja ke Kabupaten Bantul. Di kabupaten ini, terdapat cukup banyak rumah makan yang menjual gudeg manggar.

Baca Juga: Kisah di Balik Terciptanya Gudeg Manggar yang Berbahan Bunga Pohon Kelapa

Seporsi gudeg manggar biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 15 ribu-Rp 25 ribu. Selain telur atau daging ayam, seporsi gudeg manggar dilengkapi pula dengan tahu, tempe, dan sambel krecek.

Hm, membayangkan rasanya saja bikin lidah nggak tahan, nih. Ah, jadi pengin makan gudeg manggar. Yuk, ke Yogyakarta! (IB06/E03)