Makan Malam Menyenangkan dengan Opor Panggang Khas Jepara

Makan Malam Menyenangkan dengan Opor Panggang Khas Jepara
Melewati proses pemanggangan, tekstur daging ayamnya jadi super lembut, lo! (Putratravel)

Dipanggang lebih dulu, itulah keunikan opor ayam khas Jepara. Dengan bumbu-bumbu yang juga cukup banyak, makanan ini bisa membangkitkan selera makan siapa saja. Sudah pernah mencicipinya?

Inibaru.id – Sebagai kabupaten yang dekat dengan laut, kabupaten Jepara di Jawa Tengah memiliki beberapa kuliner laut yang menggoda selera. Selain pindang serani, kabupaten ini juga punya kuliner lain yang nggak kalah enak yaitu opor panggang.

Nah, kamu yang doyan opor, sebaiknya nggak melewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan ini jika berkunjung ke Desa Mayong, daerah asal masakan tersebut.

Berbeda dengan opor biasanya, daging ayam yang digunakan dalam masakan ini melalui proses pemanggangan lebih dulu sebelum diolah menjadi opor. Proses itu bikin opor panggang makin terasa nikmat, lo. Supaya rasanya tambah maknyus, tentu saja rempah-rempah ditambahkan ke dalamnya.

Opor panggang. (Makan368.wordpress)

Jahe, lengkuas, ketumbar, kemiri, merica, jintan, bawang merah, dan bawang putih adalah bumbu-bumbu yang digunakan dalam opor ini.

Agar gurih, kuah opor pun dimasak menggunakan santan. Oya, opor panggang khas Jepara nggak jarang dimasak dalam kuali, lo. Ini tentu berpengaruh pula pada cita rasanya.

Tertarik mencicipi makanan ini? Datanglah ke Jepara dan rasakan sendiri kelezatannya. Kalau ketagihan, cobalah membuatnya sendiri di rumah.

Meski proses memasaknya tidaklah sederhana, kamu perlu mencobanya! Siapa tahu, opor panggangmu seenak buatan orang Jepara. Eh, sebelum memasak, siapkan dulu bahan-bahannya ya! He-he. (IB15/E03)