Makan Malam Bareng Gebetan? Kuasai Table Manners Ini Dulu Biar Nggak Malu!

Berniat makan malam bareng gebetan? Berilah kesan yang baik pada jamuan makan malam pertamamu lewat cara-cara ini!

Makan Malam Bareng Gebetan? Kuasai <em>Table Manners</em> Ini Dulu Biar Nggak Malu!
Bersikap begini saat makan di depan gebetan? Jangan dong! (Frenchtoday)

Inibaru.id – Ada satu pameo mengatakan, kelakuan kita bisa dilihat dari gimana cara kita makan. Meski bukan satu-satunya tolok ukur, ini mungkin benar adanya. Percaya atau tidak, table manners atau cara bersikap di meja makan bakal sangat memengaruhi penilaian orang di hadapan kita.

Nah, buat kamu yang mau ngajak gebetan makan malam, ingat-ingat hal itu ya! Nggak mau dong gebetanmu ilfeel lantaran ngelihat kamu serdawa di hadapannya atau ngomong sembari makan?

Meski tiap orang punya tolok ukur berbeda ihwal kesopanan di meja makan, sebetulnya ada aturan mendasar mengenai tata cara makan yang perlu kamu tahu. Kamu mungkin bisa mencobanya, Millens! Apa saja?

Makanan Panas

Nasi di piring masih panas mengepul? Jangan meniup atau mengipasinya! Itu nggak sopan! Jadi, biarkan dingin dengan sendirinya, ya.

Namun, kamu boleh meniup sup. Caranya, ambil sup dengan sendok, lalu dekatkan sup di mulut, kemudian tiup pelan-pelan. Pastikan nggak ada bagian dari sup di sendokku menciprat keluar karena kamu tiup ya.

Makanan di Mulut

Makanan terlalu panas, nggak enak, atau bahkan ada duri ikan di dalam makananmu ketika masuk mulut, jangan memuntahkannya ke serbet makan. Kamu bisa menaruh makanan itu dalam sendok atau garpu, lalu sisihkan di pinggir piring.

Terus, jangan berbicara saat mulutmu penuh makanan! Orang di hadapanmu nggak akan nyaman melihatnya karena makanamu bisa keluar. Omonganmu juga pasti bakal nggak jelas didengar lawan bicaramu, kok.

Menggunakan Sendok, Garpu, atau Pisau

Cara memegang sendok-garpu-pisau saat makan nasi berbeda dengan kalau kamu menyantap steik. Kalau makan steik, pastikan kamu memegang pisau dan garpu dengan telunjuk berada di atas. Ini berguna agar tekanan pisau dan garpu ke daging lebih kuat.

Oya, jangan pernah menunjuk-nunjuk lawan bicara ketika tangan masih memegang pisau, garpu, atau sendok. Itu nggak sopan!

Selesai Makan

Sudah kelar makan? Rapikan pisau dan garpu atau sendok dan garpu, dengan posisi vertical secara berjajar. Kamu juga boleh menyilangkan bekas perkakas makan itu dengan posisi menelungkup.

Pastikan pula nggak ada sisa makanan berceceran di atas meja. Oya, saat makan jangan meletakkan sampah makanan seperti tulang atau cangkang di atas meja, ya. Mending kamu minta piring kosong untuk meletakkan sampah tersebut.

Gimana, siap makan malam elegan sama gebetan malam ini? Selamat mencoba, ya! Namun, alangkah lebih baik kalau ini semua bukan sekadar gimik ya. Terapkan dalam keseharian, and have fun, Millens! (IB20/E03)