Wingko Babat Hj Wiwiek Hadirkan Oleh-oleh Khas Ala Rumahan

Wingko Babat Hj Wiwiek Hadirkan Oleh-oleh Khas Ala Rumahan
Wingko Babat Hj Wiwiek dijual di rumah pembuatnya. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Kalau bicara tentang oleh-oleh Kota Semarang, nggak hanya ada lumpia, bandeng presto, atau tahu bakso. Wingko babat juga bisa jadi pilihan lo.

Inibaru.id – Rencana pulang kampung kurang lengkap rasanya tanpa buah tangan untuk keluarga di rumah. Setidaknya itulah yang saya rasakan. Agar persiapan pulang kampung semakin komplet, saya memutuskan untuk membeli Wingko Babat Hj Wiwiek sebagai oleh-oleh.

Wingko Babat Hj Wiwiek berlokasi di Jalan Kranggan Dalam, Semarang Tengah, Kota Semarang. Bukan berbentuk toko, melainkan dijual di rumah pemiliknya sendiri. Nah, produksi wingko yang tetap rumahan sejak 2003 pun menjadi alasan saya untuk membawanya sebagai oleh-oleh.

Karena baru pertama kali, saya sempat kebingungan untuk menemukan lokasi Wingko Babat Hj Wiwiek. Ternyata lokasinya nggak jauh dari kawasan Pecinan. Setelah masuk melalui gapura Jalan Kranggan Dalam, saya hanya tinggal berjalan lurus. Wingko Babat Hj Wiwiek berada tepat di ujung jalan.

Wingko Babat Hj Wiwiek memiliki tiga varian rasa. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Sesampainya di sana, saya segera memencet bel. Wiwiek, pemilik Wingko Babat Hj Wiwiek menemui saya dengan ramah sembari menanyakan jumlah dan rasa wingko yang saya inginkan.

Ada tiga varian rasa wingko babat di sana: kelapa alias original, nangka, dan cokelat. Rasa kelapa menjadi menu yang paling laris diborong pembeli. Oya, ada juga menu campuran ketiganya. Menu itu pula yang menjadi pilihan saya.

Bahan Baku Berkualitas

Sembari membungkuskan pesanan saya ke dalam tas kemasan, Wiwiek menuturkan kalau wingko babat buatannya memakai bahan-bahan alami dan berkualitas tinggi.

Misalnya nangka yang digunakan sebagai perisa wingko babat nangka. Alih-alih menggunakan essence, Wiwiek memilih buah nangka yang segar dan manis untuk dicampurkan dalam adonan wingko.

Hm, pantas saja saat saya mencicipi wingko babat nangka, terasa potongan kecil buah nangka di dalamnya. Legit!

Imbuhan air kelapa membuat tekstur wingko babat terlihat mengkilat. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Bukan hanya itu, Millens. Sebagai salah satu bahan utama, kelapa muda yang digunakan benar-benar pilihan. Menurut Wiwiek, daging kelapa muda yang berkualitas membuat tekstur wingko terasa lebih lembut dan kenyal.

Yap, klaim itu bukan sekadar strategi pemasaran lo. Wingko Babat Hj Wiwiek terasa kenyal dan nggak bikin seret. Warnanya pun terlihat mengkilat.

Wah, kelihatannya saya nggak salah pilih oleh-oleh nih. Saya pun siap pulang kampung dengan lebih tenang. Ha-ha! (Mayang Istnaini/E05)

Wingko Babat Hj Wiwiek

Kategori: Tempat Oleh-oleh

Alamat: Jalan Kranggan Dalam, Semarang Tengah, Kota Semarang

Jam Buka: 08.00 – 21.00

Harga: Rp 32 ribu (original) dan Rp 35 ribu (campur)