Kuliner Legendaris dari Weleri, Sate Bumbon Pak Darmaji

Kuliner Legendaris dari Weleri, Sate Bumbon Pak Darmaji
Sate Sapi Bumbon milik Pak Darmaji. (inibaru.id/Hayyina Hilal)

Satai adalah makanan yang nggak ada matinya. Hampir tiap daerah di Indonesia punya satai legendarisnya, nggak terkecuali di Weleri, Kendal, Jawa Tengah. Di sana ada sate bumbon legendaris milik Darmaji. Yumm!

Inibaru.id – Kelaparan dalam perjalanan pulang kampung atau liburan di sekitar Kendal, Jawa Tengah? Mampirlah ke kedai makan satu ini. Sate Sapi Bumbon Pak Darmaji namanya. Satai sapinya enak banget, mengenyangkan, dan nggak bikin kantong bokek.

Warung Sate Sapi Bumbon berlokasi nggak jauh dari pasar tradisional Weleri, tepatnya di Penyangkringan, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal. Nggak hanya rasanya yang khas, satai itu juga dikenal luas sebagai salah satu tempat kuliner legendaris di kabupaten yang berbatasan dengan Kota Semarang tersebut.

Warung Sate Sapi Bumbon yang pertama di Weleri. (inibaru.id/Hayyina Hilal)

Berdiri sejak 1971, Darmaji, sang pemilik kedai, mengatakan, Warung Sate Sapi Bumbon mulai dirintis oleh kakeknya, Kusman. Dari sang kakek, lanjut Darmaji, kedai kemudian diturunkan ke bapaknya.

"Sekarang, (warung) ini diwariskan ke saya,” ujarnya.

Darmaji berpose di depan Warung Sate Sapi Bumbon miliknya. (inibaru.id/Hayyina Hilal)

Awalnya, Sate Sapi Bumbon dijajakan menggunakan pikulan. Kini, warung itu sudah dibangun permanen. Hampir tiap hari warung tersebut nggak pernah sepi pembeli. Pelanggan setianya juga banyak. Dalam sehari, Darmaji bisa menghabiskan 30 kilogram beras dan tujuh kilogram olahan kacang.

Dinamakan sate bumbon lantaran sebelum dibakar satai tersebut sudah dibumbui terlebih dahulu. Jumadi, sang peracik bumbu, mengatakan, inilah yang membuat sate bumbon istimewa.

“Setelah dibumbui, satai didiamkan selama kurang lebih setengah jam agar bumbu meresap ke dalam daging,” tuturnya.

Dia menjelaskan, bumbu yang digunakan untuk meng-ungkep satai tersebut terdiri atas gula merah, bawang putih, bawang merah, dan garam yang dihaluskan menjadi satu.

"Satai lalu dibakar hingga matang, kemudian disajikan bersama potongan cabai, tomat, bawang, dan bumbu kacang yang gurih," lanjut Jumadi.

Seporsi sate bumbon berisi lima tusuk satai yang bercita rasa manis dan gurih. Aroma bawangnya juga cukup terasa. Nggak bohong, enak banget! Kendati potongan daging sapi dalam satai itu cukup besar, teksturnya tetap empuk, kok. Bumbunya juga meresap sempurna.

Sate Sapi Bumbon Pak Darmaji.(inibaru.id/Hayyina Hilal)

Seporsi Sate Bumbon Pak Darmaji dibanderol dengan harga Rp 20 ribu, nasi hangat Rp 4.000, dan es teh Rp 2.000. Warung tersebut beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Nah, tunggu apa lagi? Kalau sedang berada di sekitar Weleri, nggak ada salahnya makan di sana, Millens. Nikmati satainya, rasakan kenikmatan bumbu legendarisnya! (Hayyina Hilal/E03)