Nggak Hanya Gudeg, Yogyakarta Juga Punya Satai Kere

Meski dijuluki sebagai "Kota Gudeg", Yogyakarta juga punya banyak makanan khas lainnya. Salah satunya satai kere. Kamu bisa menjumpainya di Pasar Beringharjo.

Nggak Hanya Gudeg, Yogyakarta Juga Punya Satai Kere
Satai kere saat dibakar. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Inibaru.id – Mengunjungi sebuah kota kurang lengkap rasanya kalau nggak menjajal makanan khasnya. Berwisata kuliner di suatu kota bisa jadi satu alternatif bagimu. Makanan khas bisa juga menjadi respresentasi bagi kota yang kamu kunjungi,

Nah, kalau kebetulan kamu berkunjung ke Yogyakarta, kamu nggak akan kehabisan ide untuk berwisata kuliner. Seakan menjadi surganya kuliner, banyak makanan khas yang menunggu untuk kamu icipi.

Meski disebut sebagai Kota Gudeg, nggak hanya gudeg kok yang bisa kamu santap. Cobalah mencicipi satai kere. Kamu bisa menjumpainya di Pasar Beringharjo.

Satai kere siap disantap. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Penjual satai kere di Pasar Beringharjo hanya menggelar lapak sederhana. Cukup dengan panggangan kecil dan tampah sebagai tempat satai yang sudah dibakar. Namun saat satai-satai itu dibakar, dijamin perut bakal keroncongan karena harumnya.

Ada dua jenis satai kere yang bisa kamu pesan. Satai daging atau satai gajih. Keduanya sama-sama dari sapi. Satai daging dihargai Rp 5 ribu pertusuknya sedangkan satai gajih dihargai Rp 5 ribu per tiga tusuk.

Nggak perlu khawatir kurang kenyang. Di sana juga disediakan ketupat sebagai pelengkap kok. Kalau pengin tambah pedas, kamu juga bisa request potongan cabai rawit di atas sataimu.

Satai kere daging sapi. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Rasa satai kere cenderung manis, khas Yogyakarta banget. Bumbu-bumbu rempahnya pun begitu terasa. Baik satai daging maupun satai gajih, keduanya sama-sama empuk dan nggak bikin seret. Oya, penjual satai kere di Pasar Beringharjo nggak menjual minuman ya, Millens. Jadi kamu harus siap-siap bawa minum sendiri.

Kalau kamu berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa melipir sejenak untuk mencoba satai kere ya! Dijamin bikin ketagihan. Ha-ha! (Mayang Istnaini/E05)