Ke Magelang? Gurihnya Kupat Tahu Kudu Kamu Coba!

Ke Magelang? Gurihnya Kupat Tahu Kudu Kamu Coba!
Seporsi kupat tahu siap segera disantap. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Selain kaya akan tempat wisata, Magelang juga dikenal dengan aneka kuliner daerahnya yang khas, termasuk salah satunya kupat tahu.

Inibaru.id – Kupat atau ketupat tahu adalah salah satu kuliner tradisional yang banyak dijumpai di Indonesia. Pamornya mungkin hanya kalah dari satai, soto, dan nasi goreng. Di Jawa Tengah, selain Solo, kupat tahu Magelang termasuk salah satu yang paling terkenal. Siapapun pasti pengin menjajalnya saat berkunjung ke Kota Sejuta Bunga itu, termasuk saya.

Salah satu warung kupat tahu yang terkenal di Magelang adalah Warung Ijo Bu Ali. Tempatnya sepelemparan batu saja dengan Alun-alun Magelang. Saya langsung memesan seporsi kupat tahu setibanya di sana. Dengan harga Rp 12 ribu saja, saya sudah mendapatkan seporsi kupat tahu yang terbilang banyak banget. 

Beberapa pelanggan di Warung Ijo Bu Ali. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Selain potongan kupat dan tahu yang menjadi komposisi utama, seporsi kupat tahu Magelang umumnya dilengkapi dengan irisan bakwan, kubis, dan taoge (kecambah). Nggak lupa taburan seledri dan bawang goreng di atasnya membuat kupat tahu semakin menggoda untuk segera saya santap.

Terus, yang nggak kalah pentingnya adalah saus atau sambal kacang. Inilah yang membedakan kekhasan warung kupat tahu di satu tempat dengan lainnya. Bumbu kacang di Warung Ijo Bu Ali membuat kupat tahu terasa gurih, nggak terlalu manis dan nggak terlalu asin juga. Rasanya pas!

Warung Ijo Bu Ali sudah berdiri sekurangnya 50 tahun, Millens. Saat ini warung tersebut dikelola oleh Sukarni. Sebagai generasi kedua, Sukarni mulai mengelola warung itu sejak 1991. Nggak sendirian, dia juga dibantu beberapa anak dan karyawan.

Satu hal yang menarik dari pengelola di warung tersebut adalah mereka selalu memakai seragam batik sebagai identitas.

“Ini kami lakukan supaya pengunjung nggak bingung kalau mau panggil pelayannya,” kata Sukarni kepada Inibaru.id belum lama ini.

Sukarni berpose di depan warungnya. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Langganan Orang Penting

Ketenaran Warung Ijo Bu Ali memang nggak diragukan lagi. Ini pula yang menjadi alasan saya ketempat tersebut. Nggak sedikit orang penting seperti pejabat publik, tokoh politik, hingga seniman yang mampir untuk menikmati gurihnya kupat tahu di sana.

Susilo Bambang Yudhoyono, Ganjar Pranowo, Amien Rais, hingga Dorce Gamalama adalah sederet nama yang pernah menjajal kupat tahu di Warung Ijo Bu Ali. Potret Sukarni bersama mereka pun tercetak di dinding warung.

FYI, setiap hari Sukarni bisa menjual sekitar 100 porsi kupat tahu, lo. Jumlahnya akan meningkat dua sampai empat kali lipat pada akhir pekan dan libur panjang. Hm, pantas saja di luar warung disediakan deretan kursi untuk pelanggan. Itu semacam tempat waiting list gitu deh. Ha-ha!

Kalau kamu pengin mencoba gurihnya makanan khas Magelang yang satu ini, langsung saja datang ke Jalan Tentara Pelajar No 16, Kota Magelang, Jawa Tengah. Warung Ijo Bu Ali buka mulai pukul 11.00 hingga 22.00 WIB.

Nah, selamat jalan-jalan dan berkuliner ria! (Mayang Istnaini/E03)