Legitnya Es Duren Kombinasi Pak Kasdi
Es duren original (Faidah Umu/Inibaru.id)

Legitnya Es Duren Kombinasi Pak Kasdi

Bertandanglah ke kedai ini saat berkunjung ke Purbalingga. Perpaduan daging buah durian yang dicampur dengan gula merah cair, santan, susu putih kental manis, es serut, serta lumuran cokelat cair seketika akan hilangkan rasa dahagamu.

Inibaru.id - Buat kamu para pencinta durian yang sedang bertandang ke Purbalingga, Jawa Tengah, cobalah mencicipi es durian legendaris ini. Es Duren Kombinasi Pak Kasdi namanya. Kelegitan es duren di kedai yang telah berusia lebih dari 20 tahun ini memang nggak tertandingi. Hm, penasaran?

Kasdi, pemilik kedai tersebut mengatakan, es durian buatannya sangat diminati pengunjung lantaran rasa duriannya yang memang begitu kentara. Ini karena durian yang diberikan lumayan banyak. Dalam seporsi es durian, dia mengaku membubuhkan sekitar empat sendok makan daging durian segar.

Kemudian, daging durian itu dicampur dengan gula merah cair, santan, susu kental manis putih, serutan es batu, kemudian dibalut dengan sedikit coklat cair. Kebayang dong manis dan segarnya es duren ini?

Suasana di dalam warung Es Duren Kombinasi Pak Kasdi (Faidah Umu/Inibaru.id)

Satu mangkuk es duren original dibanderol dengan harga Rp 18 ribu. Harga yang cukup terjangkau dan sesuai dengan cita rasa yang didapat. Meski warung es duren yang terletak di depan Tugu Bancar ini nggak terlalu besar, tapi tetap ramai pengunjung terutama saat musim liburan.

"Nek saya si sudah berkali-kali ke sini. Rasanya mantep, legit, manis, seger. Pas banget buat diminum siang-siang panas kayak begini," ungkap Sabrina, salah seorang pembeli asal Bukateja, Purbalingga, kepada Inibaru.id.

Rasa yang nggak pernah berubah memang umumnya menjadi alasan para pelanggan datang kembali ke Es Duren Kombinasi Pak Kasdi.

Warung Tenda

Awal berdiri, Kasdi menjajakan es durian buatannya yang dijajakan berkeliling. Waktu itu "warung"-nya hanya beratapkan tenda. mulai membuka usaha es duren ini sejak 1980 menggunakan  tenda.

Berkat keuletan dan kekonsistenannya, usaha itu berkembang dan dapat pindah ke sebuah warung kecil di dekat jembatan Sungai Klawing pada 1996. Kini, warung Es Duren yang buka pukul 10.00-17.00 WIB ini sudah memiliki dua cabang di Purwokerto.

Penampakan depan warung Es Duren Kombinasi Pak Kasdi (Faidah Umu/Inibaru.id)

Selalu Punya Stok

Kendati durian termasuk buah musiman, Kasdi mengaku nggak pernah kehabisan stok durian selama menjalankan usaha kulinernya itu. Dalam sebulan, ketiga warung Es Duren Kombinasi Pak Kasdi bisa menghabiskan antara 5.000 hingga 6.000 butir durian. Wah!

Memenuhi kebutuhan durian sebanyak itu bukan berarti dilakukan Kasdi tanpa usaha. Dia mengaku "berburu" durian dari Purbalingga, Banyumas, bahkan hingga Sumatra dan Sulawesi.

Menu Lain

Selain menjual es durian, warung Es Durian Kombinasi Pak Kasdi juga menyediakan menu es kopyor seharga Rp 16 ribu, es campur Rp 12 ribu, es durian kopyor Rp 26 ribu, es durian campur Rp 20 ribu, dan es kopyor campur seharga Rp 18 ribu.

Hm, menikmati es durian siang-siang begini kayaknya pas banget, ya? Ya sudah, tunggu apa lagi? Yuk, berangkat! (Faidah Umu/E03)