Kuliner di Kedai Medan Kak Inong Obati Rindu pada Kampung Halaman

Kuliner di Kedai Medan Kak Inong Obati Rindu pada Kampung Halaman
Kedai Medan Kak Inong (Kedan) menyajikan berbagai kuliner khas Medan. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Apa yang paling membuatmu rindu pada kampung halaman saat berada di perantauan? Kalau saya sih, rindu pada kulinernya yang khas.

Inibaru.id – Tinggal di perantauan dan jauh dari kampung halaman acap kali membuat rasa rindu pada rumah datang tanpa permisi. Menyantap makanan khas kampung halaman bisa menjadi obat di tengah kerinduan itu.

Begitu pula yang saya lakukan kala rindu rumah. Beruntung saya menemukan satu kedai yang menyajikan makanan-makanan khas Medan. Namanya Kedai Medan Kak Inong atau biasa disebut Kedan.

Kedai yang berlokasi di Jalan Prof Soedarto 12, Tembalang, Semarang itu menyajikan beragam menu makanan dan minuman khas Medan. Misalnya nasi gurih, soto Medan, lontong sayur, hingga es teh tarik dan teh susu telur.

Seporsi nasi gurih. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Ketika belum lama ini saya berkunjung ke sana, saya memesan seporsi nasi gurih dan segelas es teh tarik. Hm, dua-duanya merupakan favorit saya.

Fyi, nasi gurih khas Medan mirip dengan nasi uduk. Bedanya dalam seporsi nasi gurih ada imbuhan lauk pendamping seperti bihun, tauco tahu, sambal teri khas Medan, dan ikan asin kapas. Nggak ketinggalan sambal dan kerupuk sebagai pelengkap menu.

Baca juga: Menyantap Nasi Gurih, Kuliner khas Kota Medan

Rasanya? Wah, jangan ditanya. Saya seperti sedang berada di kampung halaman. Meski berada di Semarang, Kedan tetap menjaga rasa autentik khas Tanah Deli. Perantau seperti saya tentu nggak bakal kecewa dengan rasanya yang khas.

Adi, manajer eksternal Kedan menuturkan bahwa Kedan akan selalu menonjolkan sisi autentik dari kuliner Medan. Makanya mereka sengaja nggak berinovasi dengan bumbu-bumbu khas Jawa Tengah.

Beberapa bumbu dan bahan baku makanan di Kedan bahkan didatangkan langsung dari Medan lo. Misalnya ikan asin kapas yang jarang banget ditemui di Semarang. Yap, untuk apa lagi jika bukan mengobati kerinduan para perantau dari Medan yang ada di Semarang.

Segelas es teh tarik. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Puas melahap nasi gurih, segelas es teh tarik sukses menuntaskan dahaga saya. Segar! Apalagi diteguk di tengah teriknya Kota Semarang.

Perut kenyang, hati pun senang karena rasa rindu pada kampung halaman sedikit terobati. Wah, saya harus sering berkunjung ke kedai yang satu ini nih. Sobat Millens mau ikut? (Mayang Istnaini/E05)

 

Kedai Medan Kak Inong (Kedan)

Kategori: Kedai Makan

Alamat: Jalan Prof Soedarto 12, Tembalang, Kota Semarang

Jam Operasional: 07.00 – 23.00 WIB (Buka setiap hari)

Harga: Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu