Khas Ambarawa, Serabi Ngampin Punya Cerita di Baliknya

Khas Ambarawa, Serabi Ngampin Punya Cerita di Baliknya
Serabi Ngampin, kuliner khas Ambarawa. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Dikenal sebagai salah satu kuliner khas Ambarawa, ada cerita di balik pemasaran serabi Ngampin lo. Mau tahu?

Inibaru.id – Serabi nggak hanya jadi kuliner Kota Solo, Millens. Di Ambarawa, serabi juga jadi kuliner khas. Namanya Serabi Ngampin. Yap, kuliner yang satu itu memang hanya dijual di daerah Ngampin, Ambarawa.

Belum lama ini saya menuntaskan rasa penasaran dengan mencicipi langsung serabi Ngampin. Berbeda dengan serabi kebanyakan, serabi Ngampin disajikan dengan imbuhan kuah yang terbuat dari santan dan gula jawa. Nggak lupa sebungkus tapai ketan menjadi pelengkap dalam seporsi serabi Ngampin.

Seporsi serabi Ngampin. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Rasanya unik! Manis dan gurih dari serabi dan kuah santan dipadukan dengan rasa asam yang segar dan tapai ketan. Meski begitu, nggak terasa enek kok. Saya malah jadi pengin nambah lagi. Ha-ha!

Pembuatan serabi Ngampin yang masih tradisional juga menambah cita rasa. Yap, serabi Ngampin dibuat di atas wajan tanah liat dengan bahan bakar kayu. Khas!

Cerita di Balik Serabi Ngampin

Serabi Ngampin mulai dijual sejak sekitar 1970, lo. Saat itu menjelang Ramadan, ada tradisi untuk berkumpul dan mencari jodoh bagi warga sekitar Ngampin yang masih melajang.

Nah, di tengah acara itulah kemudian warga Ngampin berjualan serabi. Keuntungan yang didapat selama acara tersebut rupanya membuat warga Ngampin berinisiatif untuk berjualan serabi saban hari. Wah, berkah dari kaum jomblo nih. Ha-ha!

Sejak itulah serabi Ngampin dipasarkan setiap hari di kios-kios sepanjang Jalan Raya Ngampin.

Saat ini serabi Ngampin menjadi usaha kecil menengah bagi mayoritas warga Ngampin, Millens. Mereka tergabung dalam kelompok badan usaha di bawah naungan pemerintah desa. Hm, jadi semakin terorganisir ya.

Oya, nggak semua pedagang serabi Ngampin berjualan setiap hari. Di hari biasa, hanya beberapa kios pedagang saja yang buka. Lain halnya kalau di hari libur. Deretan kios serabi Ngampin akan dipenuhi oleh para pemburu kuliner.

Sobat Millens juga nggak boleh ketinggalan untuk ikut mencicipi kuliner khas Ambarawa yang satu ini nih. Ayo, atur jadwalmu! (Mayang Istnaini/E05)

 

Serabi Ngampin

Kategori : Street Food/Makanan khas

Jalan Raya Ngampin, Ambarawa

Buka setiap hari pukul 09.00 - 17.00 WIB

Harga Rp 5 ribu/porsi