Kenalan dengan Mie Padang Semarang, Kuliner Unik untuk Pencinta Pedas

Kenalan dengan Mie Padang Semarang, Kuliner Unik untuk Pencinta Pedas
Suasana di Mie Padang Semarang. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Kalau kamu pencinta pedas, coba cicipi menu-menu yang ada di Mie Padang Semarang. Ada banyak topping dan level pedas yang bisa membangkitkan seleramu.

Inibaru.id – Bosan makan mi ayam yang begitu-begitu saja? Mi telur dengan kuah rempah-rempah dan ayam kecap barangkali sudah sering kamu cicipi. Saya pun demikian. Karena itu, rasanya lidah saya tertantang untuk mencoba kuliner mi yang nggak biasa. Tempo hari, saya melihat ada mi unik di Instagram. Mi tersebut berwarna merah oranye nan menggoda!

Mie Padang mozarella (kanan) dan nasi goreng ceker (kiri). (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Lewat petunjuk yang ada di Instagram @miepadangid, saya mengetahui kalau restoran tersebut berada di belakang Kantor Kecamatan Banyumanik, Semarang. Dari arah Undip, Tembalang, saya melajukan kendaraan sampai ke gang di sebelah kecamatan. Tertera tulisan Mie Padang di depan gang yang ditulis besar-besar. Ternyata, Mie Padang berada hampir di ujung gang, bersebelahan dengan toko aksesori dan aneka kerajinan tangan.

Pelbagai foto menu sebagai dekorasi dinding menyambut saya. Restoran yang menampung sekitar 35 pengunjung ini didesain minimalis, tapi menarik. Di sisi kanan, ada meja dengan sofa-sofa yang bisa memanjakanmu untuk makan sembari bersantai dengan teman. Sementara, di sisi kiri, ada meja kursi biasa untuk kamu yang hanya ingin sekadar makan tanpa berlama-lama.

Aneka menu Mie Padang. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Nggak tahan dengan perut keroncongan, saya pun mengambil buku menu di kasir. Mie Padang yang menjadi menu andalan memiliki banyak topping, mulai dari telur, pangsit, bakso, keju, hingga keju mozarella. Harganya pun variatif, mulai dari Rp 13.000 hingga Rp 19.000. Kalau mau pedas, tinggal pilih level. Ada level 1 hingga level 13. Nggak suka pedas? Pesan saja menu dengan level 0 alias nggak pedas sama sekali.

Kalau kamu memesan Mie Padang, kamu bakal mendapat menu tambahan berupa kuah bening yang dicampur dengan irisan jamur. Tapi, kalau ingin menambah “pendamping” lain, seperti sosis atau bakso, bisa juga, lo!

Nah, selain Mie Padang, ada pula menu Nasi Goreng Padang yang bercita rasa khas dan berwarna kekuningan. Nasi goreng ini juga memiliki pilihan topping yang sama.

Bumbu Rahasia

Mie Padang. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Sarri Harmonita, perempuan yang melanjutkan bisnis Mie Padang ini dari sang suami menjelaskan bahwa sebutan Mie Padang muncul lantaran mi tersebut diracik dengan bumbu khusus dari ekstrak cabai merah keriting. Mulanya, bumbu tersebut diciptakan oleh sang suami dengan bantuan ibu mertua Sarri yang merupakan keturunan Padang. Yap, mi ini merupakan yang pertama dan satu-satunya, lo!

“Karena pedas, warnanya merah, dan pedas identik dengan Padang. Makanya, namanya Mie Padang,” jelasnya.

Eits, tetapi, Mie Padang juga memiliki ciri khas Padang, lo. Di atas mi, kamu bakal menemukan ayam rendang yang menggiurkan. Yap, berbeda dari mi ayam pada umumnya, kamu nggak bakal menemukan ayam kecap khas mi ayam.

Biar tetap diterima oleh lidah orang Jawa, dalam racikan bumbu tersebut disematkan rasa manis yang pas. Hasilnya nggak mengecewakan, Millens. Order berdatangan baik dine in atau via ojek daring. Pantas, nih, Mie Padang termasuk salah satu dari Best 30 GoFood Merchant!

Nah, kalau penasaran pengin icip-icip mi yang unik ini, kuy datang langsung ke restorannya! Sst, kalau datang hari Jumat, kamu bisa mendapatkan es teh jumbo gratis. (Ayu S Irawati/E05)

 

Mie Padang Semarang

Alamat: Jalan Sumurboto III, Banyumanik, Semarang

Cabang: Go Food Festival Sri Ratu Pemuda, Semarang

Jam Buka: 11.00 - 21.00 WIB

Harga: Rp 4.000 - Rp 19.000