Eh, Ada Kafe 24 Jam sekaligus Restoran di De Cosmic Semarang!

Eh, Ada Kafe 24 Jam sekaligus Restoran di De Cosmic Semarang!
Suasana di restoran De Cosmic Semarang. Bagian ini memiliki konsep semi-outdoor. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

De Cosmic Semarang mengusung dua konsep tempat makan sekaligus. Yap, ada kafe sekaligus restoran, lo!

Inibaru.id – Dari luar, De Cosmic tampak hanya memiliki bangunan 2 lantai dengan konsep semi outdoor yang asyik buat nongkrong. Padahal, di dalam, ada restoran “tersembunyi”, lo.

Yap, De Cosmic memiliki dua bagian. Bagian depan merupakan kafe yang cukup untuk memuat 68 orang. Sementara, bangunan yang berada di dalam merupakan restoran yang memiliki kapasitas 120 orang.

Kedua tempat makan tersebut sama-sama menyediakan minimal 2 stopkontak di setiap meja. Jaringan wifi juga lancar. Ada wifi berkecepatan 60 mbps yang dibagi untuk kafe dan restoran. Lalu, apa ciri khas masing-masing tempat makan tersebut?

Kafe

Lantai 1 De Cosmic Semarang. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Kafe De Cosmic terdiri dari 2 lantai. Konsepnya adalah semi outdoor dengan dinding-dinding terbuka dan hiasan dari daun-daun palsu.

Di lantai 1, semua tempat duduk diatur saling berhadapan. Ada pula meja besar yang bakal asyik jadi tempat diskusi bareng teman satu geng. Nah, di lantai 2, ada sejumlah spot yang diatur menghadap ke jalanan. Sembari mengerjakan tugas atau ngobrol, kamu jadi bisa menikmati semilir udara malam sambil melihat pemandangan sekitar. Wuadem!

De Cosmic memiliki 2 lantai. Kafe ini memiliki konsep semi outdoor. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Kafe 24 jam ini pastinya cucok banget buat kamu yang pengin “ngelembur” tugas semalaman. Varian menu di sini juga berdasarkan waktu. Misalnya, pukul 23.00  hingga 02.00 WIB ada menu supper, yakni berupa assorted noodles.

“Ada juga menu breakfast dari jam 06.00 sampai 10.00 WIB. Menunya ada bubur ayam, bubur manado, sama ketoprak,” kata Wawan Praseto, owner De Cosmic.

Secara total, ada 60 menu di kafe. Jumlah ini pun masih bisa meningkat, lo. Yang perlu kamu tahu, kafe yang dibuka sejak 26 Mei 2018 ini lebih fokus untuk menyajikan menu-menu ringan a.k.a. camilan dan beverages. Tapi, di kafe, kamu boleh memesan menu restoran, kok!

Restoran

Restoran De Cosmic buka sejak pukul 10.00 hingga 01.00 WIB, tapi last order cuma sampai pukul 00.00 WIB. Restoran ini memiliki konsep fusion antara garden dan industrial. Yap, sebagian dari restoran ini memang memiliki konsep outdoor.

Agar suasana teduh pas siang hari, ada dua pohon besar yang dibiarkan tumbuh, lo. Bagian serunya, kamu bisa makan di bawah pohon karena ada meja yang melingkari batang pohon tersebut. Asyik banget nggak?

Konsep outdoor di restoran De Cosmic Semarang. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Eits, tetapi, sebagian restoran tetap beratap, kok. Jadi, kamu nggak akan kehujanan deh pas makan di sini.

Nah, terkait konsep industrial, restoran ini memiliki ornamen-ornamen khusus, seperti kanopi ala industri dan bangunan “kontainer” yang rencananya akan difungsikan sebagai coworking space atau meeting room.

Bagian indoor restoran De Cosmic bisa menjadi tempat yang asyik untuk berkumpul bersama teman-teman. (Inibaru/ Ayu Irawati)

Semua dekorasi di restoran ini nggak ada duanya, Millens. Ada dekorasi penerangan yang dibuat dari botol kaca dan lampu-lampu cantik. Nggak cuma sampai di situ. Ada pula dekorasi dari barang bekas, seperti kotak telur yang dijadikan hiasan dinding, lalu diberi ornamen tambahan berupa kaleng susu yang dicat.

Hiasan dinding yang nggak kalah unik bisa kamu temukan di samping panggung. Di sana ada bunga lavender yang ditumbukan di dinding dan beri frame ban bekas. 

Perkuat Service

Mochammad Bahar Maulana, manajer food and beverage memaparkan, De Cosmic nggak ingin mengesampingkan pelayanan tamu, meskipun harganya terbilang sangat terjangkau dibandingkan restoran lain.

“Kalau di sini, ada pelayanan khusus waiter waitress yg mendekati pelanggan. Kan kesannya beda dari bayar, duduk, pulang.”

Yup! Kamu bisa memesan langsung pada waiter dan waitress yang akan memberikan buku menu. Setelah itu, kamu tinggal menunggu pesanan datang. Pembayaran bisa kamu lakukan di akhir.

Nah, kamu lebih suka makan di mana, nih? Kafe atau resto? (Ayu S Irawati/E05)

 

De Cosmic Semarang

Jenis         : Kafe dan Resto

Alamat      : Jalan Taman Siswa No. 3, Banaran, Semarang

Jam Buka

        Kafe     : 24 jam

       Restoran: 10.00 – 01.00 WIB

Harga

       Kafe      : Rp 5.000 – Rp 25.000

       Restoran: Rp 6.000 – Rp 35.000