Lotek, Salad Khas Sunda yang Banyak Dijual di Yogyakarta

Lotek, Salad Khas Sunda yang Banyak Dijual di Yogyakarta
Lotek, salad khas Sunda yang populer dan penjualnya banyak ditemukan di Yogyakarta. (Instagram/Dapur Ibu Cenil)

Meski penjual lotek menjamur di Yogyakarta, ternyata kuliner ini nggak asli Kota Pelajar. Nyatanya, lotek adalah kuliner khas Sunda, lo.

Inibaru.id – Lotek merupakan salah satu dari sekìan banyak kuliner yang bisa dengan mudah kamu temukan di Yogyakarta. Saking populernya makanan ini, kamu bisa mencari penjualnya dengan mudah di sana. Salah satu di antaranya bahkan sudah melegenda sejak tahun 1986, yaitu warung lotek Bu Bagyo.

Mungkin kamu nggak tahu, lotek yaitu makanan berbahan dasar sayuran rebus yang dicampur dengan kuah kacang. O ya, bumbu kacang yang gurih dan medok untuk lotek dibuat dadakan ya.

Tapi, kamu tahu nggak sih kalau lotek ternyata berasal dari Jawa Barat? Yap, meski penjualnya menjamur di Yogyakarta, lotek sebenarnya merupakan salad sayur khas Sunda yang sudah ada sejak tahu 1970-an, Millens.

Sayur pada hidangan lotek langsung dicampurkan menjadi satu ke dalam bumbu kacang. (Guideku)
Sayur pada hidangan lotek langsung dicampurkan menjadi satu ke dalam bumbu kacang. (Guideku)

Ceritanya, dulu ada seorang jurnalis asal Inggris yang sedang berada di Parongpang. Dia sedang pengin makan salad namun nggak menemukan satu pun penjualnya di sana. Akhirnya, ia memutuskan untuk membuatnya sendiri dengan aneka macam sayur yang tersedia dengan peralatan sederhana.

Nah, dalam bahasa Inggris, peralatan sederhana bisa disebut dengan istilah low tech. Karena pelafalannya yang susah diucapkan untuk orang Sunda, maka pelafalan low tech berubah menjadi lotek. Unik juga ya kisahnya, Millens.

Perbedaan Lotek Sunda dan Lotek Jawa

Betewe, kalau dilihat-lihat sebenarnya  lotek hampir mirip dengan pecel atau gado-gado. Tapi, perbedaan antara  ketiganya terasa pada bumbu lotek yang lebih manis ketimbang dua penganan lainnya.

Salad sayur ini biasanya kerap disantap dengan lontong maupun nasi hangat. Kamu juga bisa menambahkan kerupuk sebagai pelengkap. Biar rasanya makin mantap!

Lotek mentah, menjadi salah satu jenis lotek yang bisa kamu temukan di Bandung. (Instagram/Sandrawidyo)
Lotek mentah, menjadi salah satu jenis lotek yang bisa kamu temukan di Bandung. (Instagram/Sandrawidyo)

Omong-omong ya, lotek Sunda dengan lotek Jawa memiliki perbedaan dari sisi penyajian. Lotek Sunda disajikan menggunakan sayur yang sederhana seperti sayur kangkung, tauge, dan timun. Yang menarik, di Bandung juga ada lotek mentah yang sayurannya langsung dicampur bumbu kacang dalam kondisi segar.

Sementara itu, lotek Jawa biasanya disajikan dengan hidangan pelengkap berupa gorengan seperti bakwan, tempe, maupun tahu isi. Sayuran yang digunakan juga lebih banyak dari lotek Sunda.

Selain itu, setiap penjual lotek di Yogyakarta memiliki ciri khasnya masing-masing. Di warung lotek Bu Bagyo misalnya, loteknya memakai kacang pilihan yang khusus didatangkan dari Gunungkidul. Sayurannya juga dipesan langsung dari petani sehingga terjaga kesegarannya.

Sementara itu, warung lotek Bu Iduk yang berlokasi di Mrican, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman atau Bu Mur di Jalan AM Sangaji, loteknya dikenal murah dengan porsi jumbo.

Kalau kamu, sudah pernah mencicipi lotek belum, Millens? (Idn, Per, Det/IB32/E07)