Nggak Ada di Tempat Lain, 5 Kuliner yang Harus Kamu Coba Jika ke Pemalang

Nggak Ada di Tempat Lain, 5 Kuliner yang Harus Kamu Coba Jika ke Pemalang
Satai loso, satai berbahan daging kerbau dari Pemalang. (Widia Anugrah)

Jalan-jalan ke Pemalang belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Nah, ketimbang bingung mau makan apa, lima makanan ini bisa jadi pilihanmu memanjakan lidah. Sudah pernah mencicipi semuanya?

Inibaru.id – Setiap wilayah di Jawa Tengah memiliki kuliner unik yang menggoda lidah. Di Kabupaten Pemalang, terdapat beberapa kuliner yang harus kamu coba. Mulai dari satai loso hingga apem comal, mungkin bakal bikin kamu ketagihan dan merindukan tempat ini.

Satai Loso

Satai khas Pemalang ini berbeda dengan satai-satai lainnya karena melewati proses perebusan. Selain melewati proses rebus, daging yang digunakan juga bukan daging ayam atau kambing. Satai loso berbahan dasar daging kerbau. Rasanya? Hm, nggak kalah enak kok.

Lontong Dekem

Lontong dekem adalah makanan Pemalang berikutnya yang patut kamu coba. Sayur untuk lontong ini berbumbu rempah-rempah yang bikin rasanya makin kaya. Selain kunyit, jahe, dan merica, kluwek pun ditambahkan ke dalamnya.

Soto Grombyang

Gurihnya emping mlinjo bakal makin pas jika dimakan dengan soto grombyang. Menggunakan daging sapi sebagai isian, soto grombyang diolah pula dengan rempah-rempah yang bikin rasa daging makin mantap.

Bongko Mento

Bentuk bongko mento mirip dengan bentuk bothok karena dibungkus dengan daun pisang. Bongko mento adalah dadar dengan isian masakan ayam. Kamu sebaiknya nggak melewatkan makanan ini sebagai lauk makanmu ya.

Kepiting Lemburi

Bagi penggemar seafood, belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi olahan kepiting khas Pemalang yakni kepiting lemburi. Dengan bentuk tubuh yang sudah dipotong-potong, kepiting dibumbui menggunakan cabai merah, bawang putih, tauco, dan jahe.

Gimana, sudah siap berwisata kuliner? Eits, tunggu dulu. Sebelum berangkat ke Pemalang, pastikan bujetmu untuk bersenang-senang cukup ya. Jangan sampai karena pengin berwisata kuliner, kamu jadi boros dan membeli yang nggak perlu. Selamat jalan-jalan! (IB15/E03)