Lima Kopi Khas Indonesia Ini Wajib Dinikmati

Jangan sebut diri pecinta kopi sejati bila belum mencicipi sensasi lima kopi terbaik negeri kita ini.

Lima Kopi Khas Indonesia Ini Wajib Dinikmati
Kopi Indonesia. (Foto: halallifestyle.id)

Inibaru.id - Kopi Indonesia sudah dikenal luas sebagai salah satu kopi yang paling nikmat di dunia. Berbagai varian kopi tanah air seperti kopi Aceh Gayo, Mandailing, Sidikalang, Toraja, Bawaja Flores, dan varian kopi lainnya telah dikenal sebagai kopi berkualitas tinggi. Berikut adalah lima kopi berjenis arabika terbaik dari Indonesia yang wajib kita cicipi.

Kopi Wamena dari Papua

Kopi arabika asal Wamena, Papua sudah termashyur kenikmatannya di Indonesia dan mancanegara. Kopi yang bisa didapatkan dari Lembah Baliem di Pegununungan Jaya Wijaya ini dikenal luas karena ditanam tanpa tersentuh pupuk kimia. Jika biasanya kopi arabika ditanam di ketinggian lebih dari 1.200 di atas permukaan laut (mdpl), kopi ini ditanam di tebing dengan ketinggian minimum 2.000 mdpl. Rasa kopi Wamena yang tidak terlalu manis dan asam membuat kopi ini memiliki cita rasa dan aroma yang sangat khas.

Kopi Toraja Kalosi dari Sulawesi Selatan

Kopi Toraja Kalosi didapatkan dari dua tempat di Sulawesi Selatan. Biji kopi ini didapatkan dari kawasan pegunungan Tana Toraja. Sementara itu, Kalosi adalah kota kecil tempat biji kopi dikumpulkan dari area sekitarnya. Kopi Toraja dijuluki “Queen of Coffee” karena memiliki cita rasa yang unik berupa tingkat keasaman yang rendah, sangat lembut dan halus, serta adanya sensasi fruity dan floral. Meskipun begitu, kopi ini memiliki rasa yang sangat kuat. Penampilan kopi ini juga cenderung bening layaknya teh pekat dengan aroma herbal yang tak ada duanya.

Kopi Malabar dari Jawa Barat

Malabar adalah nama sebuah gunung di Kabupaten Bandung. Di tempat ini, terdapat perkebunan kopi bernama “Kopi Java Preanger” yang sudah dikenal luas di dunia. Kopi dari perkebunan ini dikenal memiliki kekentalan dan keasaman yang cukup tinggi. Yang menarik adalah, kopi ini memiliki sensasi rasa seperti cokelat dan terkadang seperti nangka.

Kopi Aceh Gayo dari Aceh

Kopi yang berasal dari Tanah Gayo di Aceh Tengah ini dikenal sebagai salah satu jenis kopi arabika terbaik. Kopi ini memang memiliki sensasi rasa yang cenderung pahit dengan tingkat keasaman yang rendah. Hanya saja, kopi ini memiliki aroma yang tajam dan gurih yang akan terasa pada setiap tegukan.

Kopi Flores Bajawa dari Nusa Tenggara Timur

Kopi Flores Bajawa bersal dari Kabupaten Ngada, daerah yang dikenal sangat cocok untuk dijadikan tempat menanam kopi karena tanahnya kaya akan andosols subur. Kopi ini memiliki aroma kombinasi berbagai rempah seperti cokelat, citrus, bunga, kayu, atau bahkan tembakau yang sangat unik. (AW/SA)