Mengenal Swieke, Makanan Khas Purwodadi

Mengenal Swieke, Makanan Khas Purwodadi
Swieke kodok Purwodadi. (Travelingyuk)

Purwodadi punya makanan khas yang cukup terkenal yakni Swieke. Nggak menggunakan daging sapi atau ayam, swieke justru dibuat dari daging katak.

Inibaru.id – Bila berkunjung ke Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, kamu bakal menjumpai deretan rumah makan swieke yang tersebar di seluruh wilayah, khususnya di Kecamatan Purwodadi. Di sini, katak hijau yang berhabitat di persawahan diolah menjadi makanan yang unik bin ajaib. Makanan itu ialah swieke kodok.

Masyarakat di sana biasanya mengambil bagian paha katak untuk diolah menjadi swieke. Paha katak dipilih karena teksturnya dianggap menyerupai daging ayam.

Menurut Brilio.net (12/3/2018), swieke bukanlah masakan asli Indonesia melainkan mendapat pengaruh dari Tiongkok. Namun,masakan ini sudah kadung menyebar di daerah-daerah di Indonesia dan yang paling terkenal adalah swieke Purwodadi.

Untuk membuat swieke, kamu membutuhkan bumbu seperti jahe, bawang putih, garam, lada, dan tauco. Pertama, bersihkan terlebih dulu paha katak. Selanjutnya, rendam paha tersebut dengan jeruk nipis untuk menghilangkan rasa amis. Setelah itu, goreng paha katak hingga kekuningan.

Sambil menggoreng paha, kamu bisa menghaluskan bumbu-bumbu swieke, Millens. Bumbu yang sudah dihaluskan tadi kemudian ditumis bersama paha katak yang sudah digoreng. Jangan lupa tambahkan air untuk membuatnya sebagai kuah.

Bila sudah matang, sajikan swieke dengan perasan jeruk nipis, taburan bawang putih goreng, dan potongan daun seledri supaya tambah sedap. Swieke bakal lebih nikmat bila disantap dengan nasi putih yang masih hangat.

Hm, cukup mudah kan? Gimana, mau mencoba? (IB07/E04)