Ketika Lidah Kamu Digoyang Gulai Melung Bu Hadi

Gulai kambing di Warung Bu Hadi sudah melegenda di Purbalingga, Jawa Tengah. Rasanya? Coba deh sesekali cicipi sendiri....

Ketika Lidah Kamu Digoyang Gulai Melung Bu Hadi
Gulai Melung Bu Hadi (travelingyuk.com)

Inibaru.id – Berkunjung ke Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, sempatkanlah mampir ke Warung Bu Hadi. Di warung tersebut, kamu dapat menikmati kelezatan gulai melung yang sangat populer bagi warga Purbalingga.

Hmm, memangnya gulai melung seperti apa sih? Perlu kamu tahu, gulai melung adalah gulai kambing yang terdiri atas kuah, daging, tulang (balungan), dengkil (bagian dari kaki kambing) juga bagian kepala. Biasanya bagian dengkil dan balungan menjadi favorit pelanggan. Ada keseruan tersendiri saat mencungkili daging yang terdapat di tulang belulangnya.

Mengutip kompas.com (24/6/2014), kamu bisa menikmati gulai melung dengan ketupat atau nasi. Adapun penyajiannya memisahkan kuah dan isiannya. Jadi, kamu bisa memilih untuk menyantap gulai kering, setengah basah atau gulai dengan kuah yang penuh.

Soal rasa? Nggak perlu diragukan lagi. Buka sejak 1980-an menggunakan resep keluarga secara turun-temurun, gulai melung memiliki cita rasa yang istimewa dan khas. Ini karena gulai melung menggunakan daging kambing betina. Selain itu juga lantaran gulai dimasak menggunakan tungku berbahan kayu bakar dalam waktu lama sehingga dagingnya empuk dan bumbunya meresap.

Adapun bumbu gulainya menggunakan rempah lengkap yang ditumbuk menggunakan lumpang dari batu. Ya, dagingnya dimasak bersama jahe, kunyit, lengkuas, serai, ketumbar, merica, bawang merah, dan bawang putih. Sebelum dimasukkan ke dalam masakan, bumbu-bumbu itu ditumis dahulu. Warna kecokelatan daging dan dengkil diperoleh karena penggunaan gula jawa.

Adapun kuah santannya terasa gurih manis dan pedas. Ini karena dibumbui dengan kunyit, jahe, serai, daun salam, laos, bawang merah, merica, ketumbar, cabai, dan gula jawa. Kuah kentalnya ini lalu diberi taburan bawang goreng sehingga makin gurih. Jika kurang pedas, tersedia pula sambal. Wah, jadi ingin mencobanya, bukan?

Harga? Berbeda-beda sesuai bahan utama. Yang unik, di warung Bu Hadi cara memesan gulainya harus ditimbang terlebih dahulu. Jadi, dihitung per satu ons dengan harga mulai Rp 30 ribu, bisa untuk dua porsi. Setelah ditimbang, barulah daging disajikan dengan kuah hangat yang kaya akan bumbu rempah.

Oya, gulai melung tersebut bisa tahan hingga tiga hari, tapi sebelumnya harus digoreng lagi supaya lebih kering sehingga lebih awet. Sedangkan kuahnya hanya bertahan 4-5 jam saja. Selain mencoba gulainya, kamu juga bisa mencoba tengkleng, sumsum kambing, buntut (ekor kambing), balungan, iga, dan cawang.

Bagaimana, tertarik mencobanya? Kamu bisa datang ke warung Bu Hadi yang buka pukul 10.00-19.00 WIB setiap harinya, kecuali saat hari raya Idul Fitri dan tujuh hari masa Idul Adha. Lokasinya di Dukuh Melung, Desa Larangan, Kecamatan Pengadegan. Berjarak sekitar 28 kilometer ke arah timur dari kota Purbalingga atau sekitar satu jam perjalanan berkendara dari Purwokerto.

Untuk rutenya, kamu bisa melalui jalan raya Purbalingga - Kalikajar - Pengadegan Pasar Paing - Dusun Melung. Dari perempatan Pasar Paing belok ke kanan (ke arah Kecamatan Kejobong/arah Selatan) kira-kira 5 kilometer.

Meski cukup jauh dari pusat kota, warungnya selalu ramai oleh pengunjung. Bahkan tokoh penting seperti keluarga besar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Siti Atiqah beberapa kali mampir ke tempat makan ini. (IB05/E02)