Lenjongan, Camilan yang Manis dan Kenyal dari Surakarta

Lenjongan, Camilan yang Manis dan Kenyal dari Surakarta
Supaya makin manis, kelapa parut dan gula merah ditambahkan di atasnya. (Merah putih)

Lenjongan adalah jajanan tradisional khas Surakarta. Kamu bisa menjumpai makanan ini di Pasar Gede Harjanagoro. Rasanya yang kenyal dan manis bakal bikin kamu ketagihan mencicipinya. Kira-kira, apa saja isinya?

Inibaru.id – Pasar Gede Harjonagoro di Kota Surakarta menjadi tempat yang pas untuk berwisata kuliner. Di tempat ini, kamu bisa mencicipi beberapa makanan tradisional dengan harga yang bersahabat dan rasa yang lezat. Salah satu makanan tradisional yang sebaiknya kamu cicipi adalah lenjongan.

Eh, tunggu dulu! Meski namanya aneh, rasanya bikin nagih, lo. Beralaskan daun pisang, lenjongan terdiri atas klepon, cenil, sawut, gethuk, ketan putih, dan ketan hitam.

Supaya makin manis, taburan berupa gula pasir, gula merah cair, dan parutan kelapa ditambahkan di atasnya. Meski sederhana, cita rasanya bakal bikin kamu pengin nambah.

Tekstur isinya kenyal dan empuk. Kalau terlalu manis, kamu bisa memilih salah satu taburannya saja kok.

https://thenyaman.com/wp-content/uploads/2019/10/lenjongansolo-1024x680.jpg

Kalau pakai gula merah cair terlalu manis, kamu bisa meminta kelapa parut saja sebagai taburan lenjonganmu. (The Nyaman)

Lantaran murah, nggak heran konsumen lenjongan tetap bertahan. Seporsi makanan ini biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 4.000 hingga Rp 5.000. Makanan berbahan dasar singkong ini bisa jadi teman sarapan yang cukup mengenyangkan, kok.

Kapan kamu berkunjung ke Pasar Gede Harjonagaro dan mencicipi lonjangan? Selain lonjangan, jangan lewatkan kesempatan untuk menjajal makanan lain seperti gempol pleret dan brambang asem yang rasanya maknyus.

Jadi, yuk, berwisata kuliner ke Surakarta! (IB15/E03)