Kelembutan Getuk Semar dari Karanganyar

Kamu pencinta olahan singkong tentu sudah akrab dengan getuk. Nah, jika kamu ke Karanganyar, Jawa Tengah, jangan lupa untuk membeli getuk semar. Berwarna putih polos, rasanya yang enak dijamin bisa bikin kamu ketagihan.

Kelembutan Getuk Semar dari Karanganyar
Getuk Semar (etyabdoel.com)

Inibaru.id – Sebagian di antara kamu, tentu sudah pernah memakan jajanan tradisional tersebut. Berbahan dasar singkong, getuk menjadi makanan tradisional yang hampir ada disetiap daerah. Tentunya dengan ciri khas daerah masing-masing. Salah satunya adalah getuk semar yang berasal dari Karanganyar, Jawa Tengah.

Sering dijadikan sebagai oleh-oleh, getuk semar ini berbeda dengan getuk lindri, getuk pisang dan juga getuk goreng yang merupakan modifikasi dari getuk. Ya, karena getuk semar ini terbuat dari singkong jalak towo yang dikukus lalu ditumbuk bersama gula merah lalu diiris-iris tanpa ada lagi proses selanjutnya, melainkan langsung dihidangkan.

Baca juga:
Butuh Ketemu Klien di Luar Kantor? Ke My Kopi-O! Saja!
Kriuk Lanting Cilacap untuk Camilan Santai

Mungkin tampilannya buat kamu kurang menarik. Ini karena selain tanpa toping apapun, getuk semar juga tanpa pewarna makanan sehingga berwarna putih bersih khas singkong. Tapi untuk soal rasa, sudah pasti enak di lidah. Mengutip laman widhyuana.com (20/12/2017), singkongnya terasa lembut, berpadu dengan manisnya gula dan gurihnya kelapa parut. Saat disantap, getuknya lumer di dalam mulut bahkan tanpa dikunyah sekalipun. Dijamin bisa bikin kamu ketagihan deh. Cocok juga nih buat oleh-oleh bagi yang berusia lanjut.

Selain itu, getuknya juga tanpa pewangi makanan dan tanpa pengawet, sehingga lebih sehat dan aman dikonsumsi siapapun. Wangi getuknya asli berasal dari bau singkong dan kelapa parut. Karena tanpa pengawet, getuk semar pada suhu ruang hanya bisa bertahan sekitar 8-12 jam saja. Lebih dari itu rasanya sudah berubah. Supaya bisa bertahan lebih lama, kamu bisa menyimpan getuk di lemari pendingin. Tapi itu pun biasanya hanya bertahan dua sampai tiga hari saja. Memasuki hari keempat, rasanya sudah berubah dan nggak enak dimakan.

Baca juga:
Si Imut Cenil untuk "Senam Mulut"
Sensasi Kenyal-Manis Klepon di Lidah Kamu

Untuk harga, kamu nggak perlu khawatir. Cocok dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi, harga getuk semar nggak bakal menguras isi dompet kamu. Cukup dengan Rp 13 ribu saja, kamu sudah bisa mendapatkan sekotak getuk semar yang berisi 18 potong getuk ukuran sekitar 3x3 cm. Cukup murah, bukan?

Nah, jika kamu ingin mencicipinya, datanglah ke gerai getuk semar yang tersebar di beberapa lokasi di Karanganyar. Salah satunya di dekat Alun-alun Karanganyar dan di dekat Terminal Karangpandan. Eits, tapi jangan sampai kehabisan ya. Karena dalam hitungan jam saja, getuk di sana biasanya sudah habis

Nah, kalau kamu melintas Karanganyar, sempatkan untuk mampir membeli getuk semar ya. (IB05/E02)