Lebih Tahu tentang Opak yang Jadi Kudapan Khas di Film Keluarga Cemara

Lebih Tahu tentang Opak yang Jadi Kudapan Khas di Film Keluarga Cemara
Salah satu jenis opak singkong. (sukamasak.com)

Opak menjadi kudapan yang ikonik di film Keluarga Cemara. Nggak hanya itu, ternyata opak juga punya beragam jenis lo.

Inibaru.id – Sobat Millens sudah nonton film Keluarga Cemara belum? Film yang diangkat dari sinetron terkenal zaman 90-an itu mulai tayang di bioskop Indonesia sejak 3 Januari lalu.

Dalam versi film, Keluarga Cemara tetap nggak meninggalkan ciri khas legendaris seperti versi sinetronnya nih. Salah satunya adalah opak. Yap, dalam Keluarga Cemara diceritakan bahwa Emak menjadi pembuat opak yang kemudian dijual oleh Euis, putri sulungnya.

Cuplikan adegan di film Keluarga Cemara. (id.bookmyshow.com)

Nah, kamu tahu nggak sih opak itu apa? Fyi, opak merupakan kudapan yang terbuat dari singkong atau ubi kayu. Cara membuatnya cukup mudah kok. Singkong yang sudah dikupas dan dicuci bersih kemudian digiling dan dibumbui. Selanjutnya adonan dibentuk bundar dan pipih, lalu dijemur hingga kering. Kalau kamu pengin menikmati opak, tinggal goreng saja deh.

Opak ilat khas Wonosobo. (bukalapak.com)

Varian opak juga bermacam-macam di setiap daerah lo. Misalnya di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Opak yang dihasilkan di sentra penghasil opak di sana berbentuk panjang dengan tambahan kucai yang membuat rasanya semakin khas. Warga Wonosobo menyebutnya opak ilat.

Opak ketan khas Sukabumi. (kabarburung14.blogspot.com)

Eits, opak nggak hanya terbuat dari singkong lo, Millens. Warga di kawasan Sukabumi, Jawa Barat membuat opak dari bahan dasar ketan. Mereka menyebutnya opak beureum. Rasanya pun nggak hanya gurih melainkan ada juga yang manis. Beda kan?

Indonesia memang kaya akan beragam kuliner ya, Millens. Oya, kalau di daerahmu punya opak yang seperti apa nih? (IB10/E05)