Lebih Empuk Mana, Daging Ayam Jantan atau Betina?

Lebih Empuk Mana, Daging Ayam Jantan atau Betina?
Daging ayam jantan atau betina yang lebih empuk? (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Daging ayam semakin dicari menjelang Lebaran karena dibuat jadi opor. Nah, sebuah pertanyaan muncul, lebih baik memilih daging ayam jantan atau daging ayam betina, ya?

Inibaru.id – Jelang hari raya Idulfitri, permintaan daging ayam cenderung meningkat. Hal ini disebabkan oleh budaya masyarakat Indonesia yang terbiasa memasak opor ayam saat Lebaran. Tapi sebuah pertanyaan muncul; kalau mau daging ayam yang lebih empuk, sebaiknya memilih daging ayam jantan atau betina?

Daging ayam termasuk dalam daging yang bisa diolah jadi berbagai macam masakan dengan rasa yang nikmat. Cara pengolahannya juga nggak terlalu rumit. Kalau soal bagaimana cara membuat daging ayam jadi empuk sehingga mudah untuk dimakan, hal ini gampang-gampang susah, Millens.

Memang, untuk membuat daging ayam lunak, kita nggak perlu sampai memakai panci presto. Hanya, setiap bagian ayam atau jenis ayam yang direbus, punya waktu yang berbeda-beda agar bisa empuk. Contohnya, begini, Millens. kalau kamu merebus ayam yang masih bertulang, bakal membutuhkan sekitar 30 menit agar dagingnya empuk, kalau ayamnya sudah jadi filet, waktu merebusnya jadi 8 sampai 10 menit saja.

Beda kasus kalau yang dibahas adalah per bagian ayam. Sebagai contoh, dada ayam segar membutuhkan waktu 10-15 menit agar empuk dengan direbus. Sementara, dada ayam beku membutuhkan waktu sekitar 20 sampai 30 menit.

Kalau bagian paha, sayap, serta kaki ayam yang masih segar, bakal membutuhkan waktu 20-30 menit perebusan. Kalau kondisinya masih beku, waktunya bisa jadi 30 sampai 40 menit. Kalau ayam utuh segar dengan bobot kurang dari 2 kg, butuh waktu perebusan 30 sampai 40 menit. Sementara, ayam utuh dengan bobot lebih dari 2 kg bisa membutuhkan waktu 40-60 menit untuk yang masih segar dan 60 sampai 90 menit jika kondisinya masih beku.

Daging ayam semakin dicari menjelang Lebaran. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Daging ayam semakin dicari menjelang Lebaran. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Sebaiknya Memilih Daging Ayam Jantan atau Betina?

Nah, jika sebelumnya kita membahas bagian daging ayam, sekarang kita membahas jenis ayam. Kalau menurut pakar masak sih, daging ayam jantan bakal lebih cepat matang dibandingkan daging ayam betina. Otomatis, dagingnya juga lebih cepat empuk.

Hal ini disebabkan oleh daging ayam betina yang cenderung lebih alot. Tekstur ini sesuai dengan kemampuannya dalam memproduksi telur. Nah, karena nggak mudah empuk, kalau direbus bisa membutuhkan waktu lebih dari 1 jam. Bahkan, kalau daging ayam betina ini adalah daging ayam kampung, bisa jadi keempukannya nggak seperti daging ayam negeri atau ayam kampung pejantan.

Lantas, bagaimana jika memakai bahan pembuat empuk seperti baking soda, daun pepaya, atau bahkan bubuk khusus pengempuk? Ternyata banyak ahli kuliner yang nggak merekomendasikannya. Bisa jadi bahan-bahan ini justru akan membuat rasa daging ayam bakal berubah. Kenikmatannya pun bakal jadi beda.

Kalau kamu, lebih suka daging ayam jantan atau betina, Millens? Katanya lebih empuk yang daging ayam jantan, lo. (Kom/IB09/E05)