Berlebaran di Wonogiri, Kamu Mungkin Bakal Disuguhi Tiga Camilan Ini

Berlebaran di Wonogiri, Kamu Mungkin Bakal Disuguhi Tiga Camilan Ini
Geti wijen menjadi kue tradisional untuk Lebaran. (Menjualkerupuk)

Wonogiri punya beberapa makanan yang bisa menjadi oleh-oleh mudik sekaligus suguhan Hari Raya Idulfitri. Jika kamu sudah mempersiapkan bujet khusus, yuk borong makanan-makanan ini!

Inibaru.id – Kabupaten Wonogiri memiliki beberapa camilan tradisional untuk menyambut Lebaran. Selain gaplek dan tiwul, kabupaten ini menghasilkan kuliner dengan rasa yang manis seperti brem hingga kriuk-kriuk renyah seperti keripik tempe. Yuk, sambangi dulu supaya tahu ada camilan apa saja di sana!

Keripik Tempe

https://1.bp.blogspot.com/-Ca0HJ3raF5E/WePUpcUOAjI/AAAAAAAAIpk/DMfOv36hnW0k-msKGZwogDFFM0R5PQjLACLcBGAs/s1600/tempe%2Bdaun.jpg

Keripik tempe jadi suguhan yang sering kamu jumpai di Wonogiri. (originaltempe.blogspot)

Siapa yang nggak doyan tempe? Di Wonogiri pun, makanan ini diolah menjadi keripik yang renyah. Nggak hanya dibuat dari tempe berbahan dasar kedelai, camilan ini dibuat pula dari kacang benguk. Mau coba?

Geti Wijen

https://www.omiyago.com/3947-large_default/geti-wijen-luwes.jpg

Geti wijen dengan bentuk bulat. (Omiyago)

Biji wijen dicampur dengan gula menghasilkan makanan manis yang renyah, yaitu geti wijen. Makanan ini mungkin bakal mengingatkanmu pada jajanan pada masa kecil. Teksturnya yang garing mungkin bakal bikin kamu ketagihan memakannya.

(Baca Juga: Bikin Geti Wijen, Camilan Khas Wonogiri yang Manis dan Gurih)

Kacang Mete

Siapa yang bisa menolak makanan ini? (Honestdocs)

Sebagai wilayah penghasil kacang mete, Wonogiri mampu pula menghasilkan olahan dari kacang ini dengan enak. Baik digoreng maupun dibakar, kacang mete menjadi favorit masyakat di sana.

Kamu yang kebetulan sedang berkunjung ke Wonogiri, mampirlah ke pusat oleh-oleh untuk membeli ketiga kudapan tersebut. Jangan lupa diborong ya! (IB15/E03)